WhatsApp kembali luncurkan fitur baru, dari poling sampai komunitas

WhatsApp kembali luncurkan fitur baru, dari poling sampai komunitas

Techno.id - WhatsApp merupakan platform untuk komunikasi secara digital yang sering diandalkan pengguna gadget tanah air. Aplikasi yang kini dikembangkan oleh Meta tersebut memiliki segudang fitur menarik untuk berkomunikasi. Mulai dari chatting dengan aneka emoji, panggilan audio maupun video, sampai story semuanya menjadi menu utama.

Lebih lanjut, Meta sebagian developer WhatsApp selalu melakukan pembaharuan agar aplikasi semakin mudah dan menarik untuk digunakan. Terbaru mereka telah merilis fitur baru yang bisa digunakan. Tercatat ada tiga fitur baru yang dirilis di WhatsApp. Ketiga fitur tersebut antara lain Polling untuk pemungutan suara, kemudian panggilan video mencakup 32 orang, dan terakhir Komunitas yang memungkinkan menampung peserta hingga 1.024 pengguna.

Wah tentu dengan berbagai fitur baru tersebut pengguna WhatsApp akan semakin dimudahkan dalam berkomunikasi secara kolektif bukan. Lalu bagaimana peran fitur anyar dari WhatsApp yang telah meluncur tersebut?

Pada kesempatan ini Senin (7/11) techno.id akan memberikan tiga fitur baru yang dirilis WhatsApp yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Fitur polling.

WhatsApp kembali luncurkan fitur baru, dari poling sampai komunitas

foto: Twitter/ WABetaInfo

Fitur Polling dihadirkan untuk memungkinkan pengguna yang tergabung dalam sebuah grup untuk membuat daftar pilihan. Anggota grup dapat memilih opsi yang tersedia sesuai kehendaknya. Dengan fitur ini tentu pengguna tidak perlu repot-repot lagi membuat list dalam bentuk chat seperti yang telah sudah-sudah.

2. Kapasitas peserta video meningkat.

WhatsApp kembali luncurkan fitur baru, dari poling sampai komunitas

foto: foto: Twitter/ WABetaInfo

Update terbaru WhatsApp memberikan dukungan untuk melakukan panggilan video dengan cakupan peserta hingga 32 orang dalam satu panggilan. Tentu dengan bertambahnya kapasitas, pengguna bisa memakai WhatsApp selayaknya Zoom maupun Google Meeting. Terlebih terdapat dukungan Calls Link, memungkinkan para peserta dapat masuk ke room panggilan hanya dengan mengklik tautan yang dibagikan.

3. Kapasitas peserta grup bertambah.

WhatsApp kembali luncurkan fitur baru, dari poling sampai komunitas

foto: whataspp.com

Meta memberikan kapasitas tambahan untuk anggota grup hingga 1.024. Seperti diketahui sebelumnya WhatsApp hanya dapat menampung 512 pengguna saja. Lebih lanjut, WhatsApp juga memberikan fitur Komunitas.

Fitur Komunitas di dalam WhatsApp dapat menghubungkan beberapa grup WhatsApp dengan minat atau topik yang berkaitan dalam satu grup besar. Sebagai contoh pengguna bisa membuat Komunitas yang isinya adalah beberapa grup para wali siswa, divisi-divisi dalam pekerjaan dan beberapa grup lain dengan tujuan yang sama.

Dengan fitur Komunitas, pengguna bisa beralih dan terhubung ke grup besar untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Selain itu, admin grup dapat mengirimkan informasi atau pembaruan ke semua anggota dalam Komunitas tersebut. Sebagai catatan Meta juga tetap memasang sistem enkripsi end-to-end untuk menjaga keamanan privasi pengguna.

Itulah beberapa pembaharuan yang dilakukan Meta untuk WhatsApp. Fitur baru tersebut akan meluncur di Tanah Air dalam beberapa hari mendatang. Bagi kamu sobat techno jangan sampai tidak melakukan update WhatsApp, agar dapat menikmati fitur barunya.


(brl/guf)