Cara mengetahui masa pakai pengisi daya ponsel cerdas, selalu gunakan yang berkualitas

Cara mengetahui masa pakai pengisi daya ponsel cerdas, selalu gunakan yang berkualitas

Techno.id - Masa pakai pengisi daya ponsel dapat bervariasi tergantung pada sejumlah faktor, termasuk kualitas pengisi daya, seberapa sering digunakan, dan seberapa baik perawatannya. Secara umum, pengisi daya berkualitas tinggi dapat bertahan selama 2 hingga 3 tahun, sedangkan pengisi daya yang lebih murah hanya dapat bertahan selama 1 tahun atau kurang.

Faktor-faktor apa yang memengaruhi masa pakai pengisi daya ponsel

Cara mengetahui masa pakai pengisi daya ponsel cerdas, selalu gunakan yang berkualitas Foto: freepik/nirat.pix

1. Kualitas

Pengisi daya berkualitas tinggi dibuat dengan bahan yang tahan lama dan dirancang untuk tahan terhadap keausan. Pengisi daya yang lebih murah dapat dibuat dengan bahan yang kurang tahan lama dan mungkin tidak dirancang dengan baik, yang dapat memperpendek masa pakainya.

2. Penggunaan

Semakin sering pengisi daya digunakan, semakin cepat aus. Jika kamu menggunakan pengisi daya setiap hari, kemungkinan besar pengisi daya tersebut tidak akan bertahan selama pengisi daya yang hanya digunakan sesekali.

3. Perawatan

Seberapa baik perawatan pengisi daya juga dapat memengaruhi masa pakainya. Hindari membengkokkan atau memelintir kabel pengisi daya, dan jangan biarkan pengisi daya terkena panas atau kelembapan yang berlebihan

Cara mengetahui jika pengisi daya ponsel mulai rusak

Cara mengetahui masa pakai pengisi daya ponsel cerdas, selalu gunakan yang berkualitas foto: freepik/pravute

Ada beberapa tanda bahwa pengisi daya ponsel mungkin rusak.

1. Pengisi daya tidak mengisi daya ponsel kamu dengan benar.

2. Pengisi daya menjadi panas saat kamu menggunakannya.

3. Pengisi daya tidak membuat koneksi yang baik dengan ponsel kamu.

Faktor lain yang perlu kamu perhatikan

Cara mengetahui masa pakai pengisi daya ponsel cerdas, selalu gunakan yang berkualitas foto: freepik/pvproductions

Masa pakai pengisi daya ponsel juga dapat dipengaruhi lingkungan tempat pengisi daya tersebut digunakan. Misalnya, pengisi daya yang digunakan berada di lingkungan panas dan lembab, kemungkinan akan memiliki masa pakai yang lebih pendek daripada pengisi daya yang digunakan di lingkungan yang sejuk dan kering.

Jika kamu menggunakan pengisi daya pihak ketiga, pastikan dari merek yang memiliki reputasi baik. Ada banyak pengisi daya murah dan berkualitas rendah di pasaran yang dapat merusak ponsel kamu.

Jika kamu tidak yakin apakah pengisi daya ponsel buruk, kamu dapat membawanya ke teknisi yang memenuhi syarat untuk dilakukan pengujian.

(brl/red)