Mengenal Swapery, perangkat penukar baterai ponsel secara otomatis hanya dalam 7 detik

Mengenal Swapery, perangkat penukar baterai ponsel secara otomatis hanya dalam 7 detik

Techno.id - Kamu sering kehabisan baterai smartphone? Mungkin kamu akan sering membawa power bank sebagai solusi. Tapi ke depan, tampaknya kamu akan mendapat cara baru untuk mempertahankan daya baterai smartphone tanpa harus ribet mencari sumber daya untuk mengisi ulang baterai.

Ya, cara tersebut bisa kamu dapatkan berkat inovasi sebuah perangkat baru yang diklaim dapat memberi ponsel cerdas kamu baterai baru yang terisi penuh hanya dalam tujuh detik. Perangkat yang disebut Swapery ini diperkenalkan di ajang CES 2024.

Swapery adalah sistem baterai yang dapat ditukar secara otomatis untuk perangkat seluler yang bertujuan untuk menjaga ponsel cerdas tetap aktif selama 24 jam seminggu. Solusi pengisian daya perangkat portabel ini terdiri dari dua komponen, stasiun pertukaran portable dan sambungan baterai yang menempel di bagian belakang ponsel cerdas atau casing melalui klip setipis kertas.

Mengenal Swapery, perangkat penukar baterai ponsel secara otomatis hanya dalam 7 detik foto: swapery

Baterai yang ada di dalam stasiun telah diisi sebelumnya yang dapat ditukar dengan baterai yang terisi penuh setiap kali pengguna meletakkan ponsel di stasiun.

Saat ponsel kehabisan daya, pengguna tinggal meletakkan di stasiun Swapery, tunggu tujuh detik, lalu keluarkan untuk mendapatkan baterai baru yang akan bertahan sekitar 8-10 jam. Setiap stasiun Swapery dapat menampung hingga empat baterai yang terus mengisi daya secara internal.

Paket baterai juga memiliki port Tipe-C di bagian atas perangkat jika pengguna ingin mencolokkan headphone atau mengisi daya ponsel dengan kabel.

Sebuah konsep revolusioner

Dengan perangkat ini, kamu tidak perlu mencolokkan ponsel cerdas lagi atau menunggu berjam-jam untuk mengisi dayanya. Bayangkan kamu memiliki baterai penuh hanya dalam hitungan detik, kapan saja, di mana saja.

Swapery menghilangkan kerumitan pengisian daya tradisional dan menawarkan kepada pengguna cara yang lebih cepat, lebih mudah, dan lebih nyaman untuk membuat ponsel cerdas mereka tetap bertenaga.

Melihat solusinya, orang mungkin mengatakan perangkat ini adalah bentuk peningkatan pengisian daya nirkabel Qi induktif yang telah menjadi sangat populer akhir-akhir ini dengan banyak OEM yang menawarkan pengisian daya nirkabel di ponsel cerdas mereka.

Desain paket baterai Swapery yang ringan membuatnya mudah dibawa, memastikan pengguna memiliki solusi daya ke mana pun mereka pergi. Proses pertukaran otomatis Swapery juga tidak memerlukan interaksi manusia, memberikan pengalaman bebas genggam yang ramah pengguna.

Swapery kabarnya akan tersedia pada kuartal kedua 2024. Swapery bertujuan untuk membuatnya kompatibel dengan sebagian besar model ponsel cerdas dan membuatnya dapat diakses jutaan pengguna ponsel cerdas.

(brl/red)