Cara mengatur dan menggunakan alarm getar saja di smartphone Android

Cara mengatur dan menggunakan alarm getar saja di smartphone Android

Techno.id - Tidak semua orang ingin bangun tidur dengan suara alarm yang mengganggu. Untungnya, pengguna Android dapat menghindari bangun tidur karena suara yang menjengkelkan dengan mengatur alarm getar saja di aplikasi Jam Google.

Cara mengatur alarm hanya bergetar di Android

Pertama, pastikan aplikasi Jam Google sudah terinstal di perangkat Android kamu. Jika belum, unduh dan pasang melalui Google Play. Setelah itu buka aplikasi Jam pada perangkat kamu dan ikuti petunjuk berikut ini.

Cara mengatur dan menggunakan alarm getar saja di smartphone Android foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

1. Buka bagian Alarm pada aplikasi dari menu bagian bawah dan ketuk ikon plus (+).

2. Atur waktu yang kamu inginkan untuk mengaktifkan alarm, lalu ketuk OK.

3. Temukan alarm yang telah kamu atur dan ketuk Default di samping ikon Lonceng.

4. Pilih Senyap untuk suara Perangkat.

5. Sekarang, kembali ke menu sebelumnya dan pastikan fungsi Getar diaktifkan.

6. Kamu telah berhasil mengatur alarm getar saja di ponsel Android kamu.

Cara menjadwalkan atau mengulangi alarm khusus getar

Cara mengatur dan menggunakan alarm getar saja di smartphone Android foto: freepik/kirisa99

Secara default, alarm yang kamu atur akan dijadwalkan untuk hari ini. Tetapi bagaimana jika kamu ingin alarm berbunyi lebih dari satu kali-misalnya, sesuai jadwal. Nah, yang perlu kamu lakukan adalah memilih hari dalam seminggu yang kamu inginkan untuk mengaktifkan alarm.

Atau, jika kamu ingin menjadwalkan alarm getar saja satu kali untuk waktu yang akan datang, ketuk opsi Jadwalkan alarm di bawah alarm getar saja, pilih tanggal yang kamu inginkan dari kalender, lalu ketuk OK. Sekarang, alarm getar saja akan dijadwalkan sekali saja pada tanggal yang akan datang.

Terakhir, jika kamu ingin alarm terjadwal mengulang setiap hari atau setiap minggu setelah tanggal yang dijadwalkan, pilih hari yang kamu inginkan dalam seminggu di bawah alarm yang dipilih.

Berkat alarm khusus getar, kamu bisa bangun dengan ponsel yang bergetar dan bukannya suara keras yang menjengkelkan yang juga dapat membangunkan orang yang tinggal di rumah yang sama.

(brl/red)