Cara mengatasi WhatsApp tidak bisa mengirim pesan, mudah dilakukan

Cara mengatasi WhatsApp tidak bisa mengirim pesan, mudah dilakukan

Techno.id - WhatsApp sebagai aplikasi pesan atau chat instan yang sering digunakan oleh pengguna smartphone untuk berkomunikasi. Aplikasi WA terkadang mengalami gangguan atau error seperti halnya dengan aplikasi lain. Salah satunya gangguan tersebut yaitu tidak bisa mengirim pesan.

Penyebab aplikasi WhatsApp tidak bisa mengirim pesan sendiri umumnya banyak disebabkan oleh data cache yang menumpuk, kemudian aplikasi WhatsApp yang digunakan adalah versi lama sampai dengan aplikasi WhatsApp yang sedang down atau terjadi masalah server.

Cara mengatasi masalah yang mengganggu para pengguna WhatsApp tersebut terdapat berbagai cara, praktis dan direkomendasikan oleh pengguna untuk memperbaiki masalah WhatsApp yang tidak bisa mengirim pesan. Diantaranya membersihkan data cache yang tidak diperlukan, memperbaharui dan mengupdate aplikasi WhatsApp, mengecek masalah atau gangguan pada aplikasi WhatsApp dan masih banyak lagi.

Lebih jelas dan detailnya, berikut techno.id telah mengutipnya dari berbagai sumber pada hari Rabu (26/10), cara mengatasi WhatsApp tidak bisa mengirim pesan.

Restart HP

Cara mengatasi WhatsApp tidak bisa mengirim pesan, mudah dilakukan

foto: pexels.com

Cara pertama yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi masalah aplikasi WhatsApp yang tidak bisa mengirim pesan adalah dengan merestart HP. Adapun dengan cara mematikan dan juga menghidupkan kembali HP merupakan cara yang sangat efektif untuk mengatasi masalah aplikasi WhatsApp yang tidak bisa mengirim pesan tersebut. Untuk cara merestart HP, kamu bisa mengikuti langkah berikut:

- Langkah pertama, matikan terlebih dahulu ponsel kalian
- Kemudian, lepaskan baterai HP untuk merefresh kembali komponen tersebut
- Setelah itu, diamkan beberapa lama baterai tersebut
- Selanjutnya, setelah didiamkan cukup lama. Kamu bisa memasang kembali baterai HP
- Lalu, setelah dipasang hidupkan kembali ponsel kalian
- Terakhir, cobalah kembali aplikasi WhatsApp untuk mengirim pesan

Memastikan koneksi internet di smartphone lancar

Cara mengatasi WhatsApp tidak bisa mengirim pesan, mudah dilakukan

foto: pixabay.com

Aplikasi WhatsApp di dalam pengoperasiannya membutuhkan internet. Maka dari itu, langkah kedua yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah aplikasi WhatsApp tidak bisa mengirim pesan adalah dengan memeriksa koneksi internet di ponsel pintar kamu. Adapun langkahnya adalah sebagai berikut:

- Langkah pertama adalah cobalah kamu memeriksa jaringan internet di HP dengan cara browsing di aplikasi Google ataupun aplikasi online lainnya
- Kemudian, apabila setelah melakukan browsing. Loading tersebut cukup lama atau lambat, maka jaringan di HP kamu sedang mengalami masalah
- Pastikan olehmu jaringan internet di smartphone kalian tidak bertanda silang dan tidak muncul pesan pop-up "Masuk ke jaringan"
- Terakhir, kamu bisa mengecek lebih detail jaringan internet yang ada di HP dengan melalui panggilan darurat yang disesuaikan dengan operator kartu SIM di smartphone kalian

Clear cache dan data WhatsApp

Cara mengatasi WhatsApp tidak bisa mengirim pesan, mudah dilakukan

foto: pixabay.com

Langkah berikutnya yang akan membantu kamu mengatasi masalah aplikasi WhatsApp yang tidak bisa mengirim pesan adalah dengan membersihkan cache atau data yang menumpuk pada aplikasi WhatsApp. Berikut langkah-langkahnya:

- Langkah pertama, bukalah menu "Setelan atau Pengaturan" di gadget kamu
- Kemudian pilihlah opsi menu "Aplikasi"
- Setelah itu, carilah aplikasi "WhatsApp" dengan scroll HP kamu untuk mencarinya
- Lalu, tekan aplikasi WhatsApp tersebut. Dan pilih opsi menu "Penyimpanan"
- Selanjutnya, kamu tinggal tekan tombol "Hapus cache" dan juga "Hapus data" di dalam opsi tersebut
- Kamu pun sudah selesai melakukan pembersihan cache dan data aplikasi WhatsApp

Update dan perbarui aplikasi WhatsApp

Cara mengatasi WhatsApp tidak bisa mengirim pesan, mudah dilakukan

foto: pexels.com

Permasalahan berikutnya yang seringkali menyebabkan masalah aplikasi WhatsApp tidak bisa mengirim pesan terjadi adalah dikarenakan aplikasi yang sudah lawas atau lama. Maka adapun untuk mengatasinya kamu hanya diharuskan untuk mengupdate aplikasi WhatsAppnya saja. Berikut cara mengupdate aplikasinya:

- Langkah pertama, bukalah aplikasi Google Play Store
- Kemudian, ketikkan di laman pencarian "WhatsApp"
- Setelah itu, tekan aplikasi WhatsApp tersebut
- Lalu, periksalah aplikasi WhatsApp tersebut apakah membutuhkan update atau tidak.
Apabila terdapat update, maka akan muncul opsi update di sebelah aplikasi WhatsApp tersebut
- Selanjutnya, kamu tinggal menekan tombol update tersebut. Dan tunggu proses update sampai dengan selesai

Memastikan nomor WhatsApp tidak terblokir

Cara mengatasi WhatsApp tidak bisa mengirim pesan, mudah dilakukan

foto: pixabay.com

Cara berikutnya yang dapat mengatasi masalah aplikasi WhatsApp yang tidak bisa mengirim pesan adalah pastikan nomor WhatsApp kamu tidak diblokir oleh pihak penerima pesan. Adapun untuk memastikan hal tersebut, kamu hanya perlu menunggu pesan tersebut dibaca dan sampai kepada pihak penerima pesan.

Memastikan nomor yang dituju benar

Cara mengatasi WhatsApp tidak bisa mengirim pesan, mudah dilakukan

foto: pixabay.com

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah aplikasi WhatsApp yang tidak bisa mengirim pesan adalah pastikan nomor tujuan adalah nomor yang telah terdaftar dan benar. Adapun cara mudah mengatasinya adalah dengan meminta konfirmasi nomor WhatsApp yang aktif kepada pihak yang akan menerima.

Memastikan dan memeriksa masalah server aplikasi WhatsApp

Cara mengatasi WhatsApp tidak bisa mengirim pesan, mudah dilakukan

foto: pixabay.com

Cara terakhir yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah aplikasi WhatsApp tidak bisa mengirim pesan adalah dengan memeriksa masalah atau gangguan yang terjadi pada server aplikasi WhatsApp. Adapun untuk memeriksa keadaan server aplikasi WhatsApp tersebut kamu bisa mencari informasinya melalui media sosial umumnya ataupun dengan mengunjungi situs online downdetector.id di laman pencarian aplikasi Google.

Magang: Irvan Ahmad Fauzi

(brl/guf)