Cara mengatasi WhatsApp lemot di HP Android dan iPhone

Cara mengatasi WhatsApp lemot di HP Android dan iPhone

Techno.id - WhatsApp selain menjadi aplikasi kirim pesan populer, juga dikenal sebagai aplikasi yang paling banyak digunakan oleh banyak orang masa kini karena beragam kemudahan yang didapatkan.

Tak melulu lancar, penggunaan aplikasi WhatsApp ini juga terjadi masalah yang cukup serius. Seperti misalnya kejadian WhatsApp lemot. WhatsApp lemot ini sendiri biasanya terjadi karena berbagai sebab. Salah satunya adalah kapasitas penyimpanan HP dan aplikasi yang sudah penuh.

Adapun untuk kamu yang mengalami masalah WhatsApp lemot tidak akan menjadi masalah. Karena telah terdapat berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal tersebut. Baik dengan membersihkan penyimpanan HP dan aplikasi, merestart smartphone maupun hal yang lainnya.

Lebih jelasnya, berikut techno.id telah merangkum dari berbagai sumber pada hari Selasa (25/10), cara mengatasi WhatsApp lemot di HP Android dan iPhone, dijamin ampuh.

Hapus history chat WhatsApp

Cara mengatasi WhatsApp lemot di HP Android dan iPhone

foto: pexels.com

Salah satu hal yang menjadi pembuat masalah WhatsApp lemot adalah terdapat banyaknya chat atau pesan yang menumpuk di aplikasi WhatsApp. Adapun untuk mengatasi WhatsApp lemot dikarenakan chat atau pesan adalah dengan menghapus pesan atau chat WhatsApp tersebut. Untuk lebih jelasnya, berikut cara menghapus chat WhatsApp:

- Langkah pertama, bukalah aplikasi WhatsApp
- Kemudian, pilih chat atau pesan yang akan dihapus dengan menekan beberapa lama chat tersebut sampai dengan muncul menu di bagian atas aplikasi WhatsApp
- Untuk menghapus sekaligus, kamu tinggal menekan lama salah satu pesan atau chat. Kemudian, pilih juga chat lainnya dengan mengetuk pesan WhatsApp. Setelah itu, kamu tinggal pilih opsi menu "Delete atau ikon tempat sampah"
- Terakhir, kamu tinggal harus mengkonfirmasi penghapusan chat atau pesan tersebut dengan menekan opsi "Delete this chat"

Menghapus cache WhatsApp

Cara mengatasi WhatsApp lemot di HP Android dan iPhone

foto: pexels.com

Hal selanjutnya yang akan dapat menyebabkan masalah WhatsApp lemot adalah data cache. Cache sendiri merupakan data yang langsung tersimpan di aplikasi WhatsApp tanpa melihat penting atau tidaknya data tersebut.

Kondisi tersebut yang pada akhirnya akan memenuhi data dari aplikasi WhatsApp sehingga dapat menyebabkan masalah WhatsApp lemot. Maka dari itu, untuk mengatasinya kamu hanya cukup untuk membersihkan data cache tersebut melalui cara sebagai berikut:

- Langkah pertama, bukalah menu "pengaturan" di HP kamu
- Kemudian pilih opsi menu "Apps"
- Setelah itu, pilihlah opsi menu "App Management"
- Lalu, pilih opsi menu "WhatsApp"
- Selanjutnya, kamu pilih opsi menu "Storage Usage". Lalu akan ditampilkan penggunaan cache dari aplikasi WhatsApp tersebut
- Terakhir, kamu tinggal pilih opsi "Clear Cache" untuk menghapus data WhatsApp tersebut

Mengupdate WhatsApp ke versi terbaru

Cara mengatasi WhatsApp lemot di HP Android dan iPhone

foto: pixabay.com

Adapun untuk cara mengupdate WhatsApp ke versi terbaru adalah dengan membuka aplikasi Google Play Store ataupun App Store. Kemudian untuk mengupdatenya, kamu tinggal menekan opsi update (bagian kanan sebelah atas di aplikasi).

Manage RAM smartphone

Cara mengatasi WhatsApp lemot di HP Android dan iPhone

foto: pixabay.com

Hal yang juga seringkali menjadi penyebab masalah WhatsApp lemot adalah dikarenakan RAM yang penuh untuk menjalankan berbagai aplikasi pada HP. Adapun untuk mengatasinya terbilang sangat mudah. Kamu tinggal melakukan cara berikut untuk mengatasinya:

- RAM Expansion (fitur penyimpanan bawaan ponsel)
- RAM Cleaner (aplikasi penyimpanan dari Google)

Performa gadget

Cara mengatasi WhatsApp lemot di HP Android dan iPhone

foto: pixabay.com

Ponsel pintar yang telah lawas atau berumur juga bisa menjadi penyebab masalah utama terjadinya aplikasi WhatsApp lemot. Ketika HP tersebut sudah lawas dan berumur, tentunya akan berdampak pada performa ponsel secara keseluruhan. Bukan hanya pada aplikasi WhatsApp saja. Adapun untuk mengatasinya, ya kamu harus membeli smartphone yang lebih baru.

Unistall lalu Install kembali aplikasi WhatsApp

Cara mengatasi WhatsApp lemot di HP Android dan iPhone

foto: pexels.com

Alternatif selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah WhatsApp lemot adalah dengan meng uninstall dan menginstal ulang aplikasi WhatsApp. Caranya kamu tinggal membuka aplikasi Google Play Store untuk melakukan keduanya. Adapun cara ini sangat efektif untuk membantu membersihkan cache, RAM dan juga memperbarui WhatsApp ke versi terbaru secara sekaligus.

Restart smartphone

Cara mengatasi WhatsApp lemot di HP Android dan iPhone

foto: pixabay.com

Restart merupakan fitur yang dapat membantu untuk menyegarkan kembali sistem operasi pada ponsel atau HP. Ketika melakukan restart, HP akan memuat ulang atau sering disebut juga loading system. Seluruh file sementara dan sampah yang tidak digunakan akan terhapus secara langsung. Adapun cara ini akan sangat membantu membersihkan cache serta RAM secara sekaligus sehingga masalah WhatsApp lemot pun akan segera teratasi.

Menghapus atau mengganti kartu SIM

Cara mengatasi WhatsApp lemot di HP Android dan iPhone

foto: pexels.com

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi WhatsApp lemot adalah dengan memperhatikan penggunaan kartu SIM. Penggunaan kartu SIM yang teratur tentunya akan menyebabkan lancarnya performa di smartphone kamu. Sedangkan sebaliknya, mengubah dan mengeluarkan kartu SIM dengan sering maka akan menyebabkan terjadinya banyak masalah di dalam HP seperti misalnya aplikasi yang lemot.

Adapun WhatsApp akan berjalan dengan baik dan lancar pada nomor atau akun yang telah terdaftar saja. Maka untuk mencegah terjadinya masalah WhatsApp lemot adalah dengan menggunakan SIM atau nomor yang telah terdaftar pada aplikasi WhatsApp. Adapun apabila kamu menghendaki untuk mempunyai nomor baru, maka hapuslah nomor atau akun lama di aplikasi WhatsApp dengan nomor yang baru tersebut.

Magang: Irvan Ahmad Fauzi

(brl/guf)