Cara mengatasi smartphone jatuh ke dalam air, tak perlu bawa ke tempat servis

Cara mengatasi smartphone jatuh ke dalam air, tak perlu bawa ke tempat servis

Techno.id - Smartphone merupakan salah satu perangkat elektornik yang kini menjadi kebutuhan banyak orang. Sebagai salah satu perangkat yang digunakan untuk mempermudah kegiatan harian, smartphone musti hadir dengan desain ringkas dan minimalis agar mudah dibawa dan disimpan.

Terkait menyimpan smartphone, kadang kala setiap orang sudah menyimpan perangkat tersebut denganbaik namun tetap saja bisa mengalami hal yang tidak diinginkan. Salah satunya saat smartphone jatuh ke dalam air.

Bagaimana tidak, barang elektronik satu ini tentu sangat tidak bersahabat dengan air. Saat sebuah smartphone terjatuh ke dalam air, umumnya, banyak orang akan panik dan segera membawanya ke tempat servis. Namun, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi smartphone yang jatuh ke dalam air.

Tak perlu berlama-lama, berikut techno.id telah merangkum dari berbagai sumber pada Kamis (12/1), berikut cara mengatasi smartphone jatuh ke dalam air.

Cara mengatasi smartphone jatuh ke dalam air

Cara mengatasi smartphone jatuh ke dalam air, tak perlu bawa ke tempat servis

foto: unsplash.com

Pada dasarnya cara mengatasi smartphone yang terjatuh ke dalam air bisa dibilang cukup mudah. Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan saat benda kesayangan kamu itu masuk ke dalam air. Tak perlu panik, lakukan beberapa langkah penting berikut agar smartphone kesayangan kamu bisa selamat dari kerusakan.

1. Segera ambil smartphone yang terjatuh ke dalam air

Setelah smartphone kamu jatuh ke air, segera ambil perangkat tersebut. Beberapa smartphone memiliki dukungan IP67 dan di atasnya memiliki proteksi tahan saat dimasukkan ke dalam air pada kedalaman tertentu. Namun, bagi smartphone yang tidak memiliki rating IP67 dan di atasnya, segera angkat perangkat kamu saat masuk ke dalam air. Bukan tanpa alasan, yang demikian ini berfungsi untuk meminimalisir jumlah air yang masuk ke dalam smartphone.

2. Lepas semua aksesori yang melekat

Jika smartphone kamu dipasangi beberapa aksesori seperti case, segera lepas bagian tersebut. Dengan melepas case pada smartphone, kamu bisa menghilangkan air yang mungkin tersangkut di sela-sela case smartphone. Setelah melepas case dan aksesori tambahan lain yang ada, kamu bisa simak langkah selanjutnya.

3. Gunakan alat pengering

Setelah smartphone kamu terbebas dari segala aksesori, kamu bisa mengeringkan perangkat tersebut menggunakan bantuan alat pengering seperti tisu dan kain microfiber. Tujuan dari pengeringan perangkat tersebut tentu mengurangi jumlah air yang menempel khususnya di bagian luar. Untuk bagian lain yang sulit digapai seperti port charging, microphone, serta port audio jack, kamu bisa menggunakan cotton buds.

4. Goyangkan smartphone

Kamu bisa menghadapkan semua port ke bagian bawah kemudian menggoyangkan smartphone yang masuk ke dalam air. Tujuan menggoyangkan smartphone pada dasarnya ditujukan untuk menghilangkan air khususnya pada bagian dalam perangkat. Saat air yang ada pada smartphone semakin sedikit, kemungkinan perangkat mengalami konsleting tentu semakin kecil.

5. Jangan isi daya perangkat

Sesaat setelah smartphone kamu masuk ke dalam air, jangan pernah coba untuk menghubungkan perangkat tersebut ke sumber listrik manapun. Pasalanya, saat barang elektronik basah bertemu dengan air, kemungkinan korsleting bisa semakin besar. Kamu perlu menunggu beberapa saat hingga air yang ada di dalam smartphone bersih. Tak hanya sektor pengisian daya, bagian lain seperti port jack audio juga tidak boleh dihubungkan dengan perangkat elektronik seperti handsfree dan lain sebagainya.


(brl/guf)