Cara mudah mengakses fitur Proxy di WhatsApp, pahami kegunaannya

Cara mudah mengakses fitur Proxy di WhatsApp, pahami kegunaannya

Techno.id - WhatsApp secara resmi miliki fitur baru untuk dukungan penggunaan lebih maksimal. Fitur yang dimaksud adalah layanan Proxy WhatsApp. Layanan tersebut berfungsi untuk membuat pengguna tetap terhubung tanpa internet, karena jaringan sedang trouble maupun saat aplikasi sedang diblokir.

Fitur proxy dapat bekerja saat keadaan perangkat tidak ada akses internet atau layanan WhatsApp sedang dibatasi. Dengan demikian pengguna dapat memakai WhatsApp meskipun tidak ada internet hingga layanan aplikasi diblokir oleh pemangku kepentingan.

"Memilih proxy memungkinkan Anda terhubung ke WhatsApp melalui server yang disiapkan oleh sukarelawan dan organisasi di seluruh dunia, didedikasikan untuk membantu orang berkomunikasi dengan leluasa," tulis WhatsApp melalui blog resminya.

Sebagai informasi, pihak developer memang tidak mendesain WhatsApp untuk dapat digunakan melalui proxy maupun VPN. Namun setelah fitur proxy dirilis, ketentuan tersebut diubah. Melalui fitur proxy diharapkan pengguna WhatsApp bisa tetap berkomunikasi meskipun dalam keadaan krisis sekalipun.

Lantas bagaimana cara menggunakan fitur proxy ini? Berikut techno.id akan sajikan cara mudah mengakses fitur Proxy WhatsApp yang dihimpun dari berbagai sumber pada Rabu (11/1).

Cara kerja fitur Proxy WhatsApp.

Cara mudah mengakses fitur Proxy di WhatsApp, pahami kegunaannya

foto: Pexels.com

Seperti diketahui bersama, proxy dipakai untuk menembus situs web yang dibatasi atau diblokir. Proxy merupakan jalan tengah antara perangkat dan jaringan internet yang terletak di antara komputer lokal dan jaringan internet pengguna.

Secara sederhana apabila pengguna sedang mencari informasi melalui situs tertentu, sistem akan memindahkan atau mengirimkan perintah ke proxy server terlebih dahulu. Kemudian proxy server akan meneruskan perintah dari pengguna ke internet menggunakan alamat IP dari proxy server, bukan IP pengguna. Kemudian perintah akan dikirimkan lagi dari proxy server ke pengguna.

Sistem tersebut diterapkan ke dalam WhatsApp. Artinya saat layanan WhatsApp atau internet di wilayah tertentu diblokir, pengguna masih bisa menggunakan WhatsApp melalui proxy server.

Kendati demikian, WhatsApp tidak menyediakan secara khusus server proxy untuk pengguna. Bagi pengguna WhatsApp yang wilayahnya sedang terisolir perlu mencari proxy server yang dapat digunakan secara mandiri.

Lebih lanjut, ada banyak alamat proxy server gratis yang tersedia dan dapat ditemukan melalui laman Google, Safari, dan lainnya. Server ini disediakan oleh berbagai organisasi sukarelawan. Namun apabila pengguna memilih server dari pihak ketiga, maka alamat IP akan diketahui oleh penyedia server.

Akan tetapi, pihak developer WhatsApp menyebutkan bahwa meskipun menggunakan proxy, pengiriman pesan tetap akan aman dan terproteksi melalui sistem end-to-end.

Cara mengatur proxy server WhatsApp.

Cara mudah mengakses fitur Proxy di WhatsApp, pahami kegunaannya

foto: github.com

Mengatur proxy server WhatsApp dapat dilakukan secara mudah. Pengguna hanya perlu mendapatkan alamat proxy atau menyiapkannya terlebih dahulu. Namun perlu dicatat, memperoleh alamat proxy bisa dilakukan pengguna yang masih tersambung dengan internet.

Pengguna bisa menyiapkan proxy menggunakan server dengan port 80 (trafik web standar/HTTP), 443 (trafik web standar terenkripsi/HTTPS), atau 5222 (trafik protokol Jabber/default WhatsApp) yang tersedia dan nama domain (atau subdomain) yang mengarah ke alamat IP server.

Nah, setelah pengguna sudah memiliki alamat proxy server yang dibutuhkan, maka bisa mengaktifkan fitur proxy WhatsApp melalui langkah berikut ini:

Cara aktifkan proxy WhatsApp di smartphone.

Cara mudah mengakses fitur Proxy di WhatsApp, pahami kegunaannya

foto: Techno.id/ Adnan

1. Silakan buka WhatsApp versi terbaru. Apabila pengguna belum mendapatkannya, silakan untuk update aplikasi melalui toko aplikasi perangkat.
2. Kemudian klik menu pengaturan melalui tanda titik tiga di pojok kanan atas layar.
3. Pilih "Setelan/Pengaturan".
4. Kemudian masuk ke "Penyimpanan dan Data".
5. Scroll layar ke bawah hingga menemukan opsi "Proxy".
6. Geser toggle proxy ke arah kanan atau hingga aktif.
7. Silakan masukkan alamat proxy yang telah didapatkan.
8. Klik "Simpan".
9. Nantinya pengguna akan mendapatkan keterangan "Terhubung" saat proxy berhasil disambungkan.

Itulah beberapa cara agar dapat menggunakan proxy WhatsApp. Perlu dicatat apabila telah terhubung, tetapi pesan masih tidak dapat dikirim atau diterima, kemungkinan besar proxy server telah terblokir. Maka, pengguna perlu mendapatkan alamat lain dengan mengganti alamat proxy yang telah dihubungkan sebelumnya.


(brl/guf)