Cara mengaktifkan Voice Typing di Google Docs, solusi mudah saat capek ngetik

Cara mengaktifkan Voice Typing di Google Docs, solusi mudah saat capek ngetik

Techno.id - Google Docs adalah salah satu aplikasi produktivitas yang disediakan Google. Aplikasi ini memungkinkan pengguna membuat dan berbagi dokumen secara online. Aplikasi ini termasuk dalam paket aplikasi Google Workspace (sebelumnya dikenal sebagai G Suite) yang juga mencakup Gmail, Google Drive, Google Sheets, Google Slides, dan beberapa aplikasi lainnya.

Google Docs mirip dengan Microsoft Word, namun dibuat untuk penggunaan online dan kolaborasi secara real-time. Dalam Google Docs, pengguna dapat membuat dokumen seperti surat, laporan, resume, dan sebagainya. Fitur-fitur yang disediakan mencakup pengaturan format dokumen, menambahkan gambar dan grafik, membuat hyperlink, dan masih banyak lagi.

Cara mengaktifkan Voice Typing di Google Docs, solusi mudah saat capek ngetik (Foto: Freepik.com/@Camandona)

Kelebihan Google Docs adalah bahwa dokumen yang dibuat dapat diakses dan diedit dari mana saja, selama terdapat koneksi internet dan perangkat yang terhubung. Selain itu, pengguna dapat berbagi dokumen dengan orang lain dan mengundang mereka untuk berkolaborasi secara real-time. Hal ini membuat Google Docs sangat berguna untuk kerja tim dan proyek kolaboratif.

Tak hanya itu, Google Docs juga memiliki satu fitur andalan yang dapat dimanfaatkan bagi pengguna yang sudah lelah mengetik. Fitur tersebut dinamakan Voice Typing yang dapat mendeteksi suara kemudian mengubahnya menjadi teks. Namun agar dapat menikmati fitur satu ini, setiap pengguna musti melakukan beberapa pengaturan.

Tak perlu berlama-lama, berikut Techno.id telah merangkum dari berbagai sumber pada Sabtu (4/3), cara mengaktifkan Voice Typing di Google Docs.

(brl/red)