Google Chrome rilis update terbaru di MacOS, diklaim bisa menambah daya tahan baterai

Google Chrome rilis update terbaru di MacOS, diklaim bisa menambah daya tahan baterai

Techno.id - Google Chrome dikenal sebagai salah satu internet browser yang paling popular di dunia. Internet browser besutan Google ini dikenal sebagai internet browser yang simple, cepat, dan stabil. Google Chrome juga tersedia untuk berbagai sistem operasi. Chrome dapat diinstal di Windows, MacOS, Linux, Android, dan iOS.

Belum lama ini Google meluncurkan pembaruan untuk Google Chrome versi MacOS. Pembaruan ini tidak memberikan tampilan atau memberikan fitur terbaru pada Google Chrome. Pembaruan ini hanya berupa penyesuaian pada sistem Google Chrome.

Pembaruan terbaru ini di klaim Google mampu menambah daya tahan baterai pada Macbook saat menggunakan Chrome. Artinya, kamu dapat browsing dengan durasi yang lebih lama. Google melakukan uji coba pada 13-Inch M2 Macbook Pro (2022) dan mendapatkan durasi browsing selama 17 jam dan menonton Youtube selama 18 jam. Walaupun uji coba menggunakan perangkat terbaru, Google mengklaim pembaruan ini juga dapat dinikmati pengguna Macbook yang lebih lama.

Untuk mencapai hal tersebut, Google melakukan beberapa perubahan dan penyesuaian di sistem yang bekerja di balik layar. Perubahan tersebut untuk membuat Google Chrome dapat berjalan secara lebih optimal dan efisien.

Lantas apa saja update yang ditawarkan Google Chrome untuk pengguna MacOS?

Google Chrome rilis update terbaru di MacOS, diklaim bisa menambah daya tahan baterai (Foto:Freepik.com/thaspol_s)

1. Sistem iframe

Perubahan pertama yang dilakukan Google adalah dengan melakukan penyesuaian pada sistem iframe. Penyesuaian ini mampu mengurangi penggunaan pada memori jangka pendek tanpa mengorbankan penggunaan memori jangka panjang. Dengan penyesuaian tersebut, Chrome dapat mengurangi konsumsi energi.

2. Javascript timer

Perubahan kedua merupakan penyesuaian pada javascript timer yang dianggap menjadi aspek yang menambah konsumsi memori website. Google melakukan penyesuaian dengan mengurangi jumlah javascript timer menggunakan CPU.

3. Struktur data

Perubahan berikutnya adalah pada struktur data. Chrome dapat memutuskan data apa yang paling sering diakses. Hasilnya Chrome dapat mengoptimalkan pola dan jalur aksesnya.

4. Optimalisasi kerja website

Perubahan terakhir adalah dengan mengoptimalkan kerja website sehingga konsumsi energi dapat ditekan. Nahuntuk mendapatkan update terbaru Chrome di Macbook, kamu dapat mengakses menu Settings pilih Help lalu pilih About Chrome. Selanjutnya Chrome akan melakukan pembaruan secara otomatis.

Magang : Nabiel Mumtaz

(brl/red)