Cara menempatkan kamera keamanan dengan benar, ini 4 lokasi yang harus dipantau di sekitar rumah

Cara menempatkan kamera keamanan dengan benar, ini 4 lokasi yang harus dipantau di sekitar rumah

Techno.id - Kamera keamanan (CCTV) terbukti menjadi alat pencegah untuk menghindari orang yang tidak bertanggung jawab melakukan aksi kejahatan. Sebagian orang akan menggunakan CCTV untuk memantau kondisi di sekitar rumah.

Karena itu menjadi penting menentukan lokasi penempatan kamera keamanan yang tepat. Kamera yang ditempatkan dengan baik akan memiliki bidang pandang yang bagus dan ditempatkan di tempat yang membuat kamera sulit untuk dirusak.

Berikut ini adalah cara menempatkan kamera keamanan dengan benar di sekitar rumah untuk memastikan kamu dapat mengawasi semua peristiwa yang terjadi.

1. Menghadap pintu masuk ke rumah

Cara menempatkan kamera keamanan dengan benar, ini 4 lokasi yang harus dipantau di sekitar rumah foto: freepik/mrdm

Pintu masuk adalah tempat pertama dan terpenting untuk menempatkan kamera secara strategis. Pelaku kejahatan akan terhalang untuk melakukan kejahatan karena mereka tahu terdeteksi dan terekam. Sebaiknya menempatkan kamera dengan menggantungnya di dinding pada ketinggian.

Usahakan pencuri tidak bisa menjangkau kamera tersebut untuk dirusak. Jika kamu tidak memiliki beranda yang memungkinkan untuk melihat langsung ke pintu depan atau belakang, pertimbangkan untuk menempatkan kamera di sudut-sudut rumah. Posisi kamera yang cukup tinggi akan merekam aktivitas apa pun di pintu masuk, tanpa perlu khawatir kamera ini akan dibongkar.

2. Menggantung di pohon atau cabang terdekat

Cara menempatkan kamera keamanan dengan benar, ini 4 lokasi yang harus dipantau di sekitar rumah foto: freepik/bborriss67

Sebaiknya kamu menggunakan kamera keamanan yang memiliki perlindungan substansial terhadap elemen-elemen dan bertenaga baterai. Hal ini karena kecil kemungkinan kamu memiliki sumber listrik di dekat pepohonan yang mengelilingi i rumah.

Untuk memasang kamera tersebut di pohon atau cabang, dibutuhkan bracket atau adaptor agar kamera terpasang dengan benar pada pohon atau cabang.

Penempatan kamera harus mencakup area yang lebih luas dari rumah. Alih-alih menempatkan kamera menghadap ke satu jendela, memposisikannya lebih jauh pada pohon atau cabang akan mencakup seluruh sisi depan rumah.

(brl/red)