Cara mencadangkan pesan obrolan WhatsApp di Android dan iOS

Cara mencadangkan pesan obrolan WhatsApp di Android dan iOS

Techno.id - Ada berbagai alasan mengapa seseorang perlu membuat cadangan data WhatsApp. Terpenting, ketika perangkat (smartphone) yang digunakan hilang, maka kamu bisa memuat semua obrolan kamu ke perangkat baru.

Biasanya, server WhatsApp tidak menyimpan pesan yang berhasil terkirim. Sebab, semua konten obrolan dienkripsi secara end-to-end di antara pengguna. Artinya, semua konten WhatsApp termasuk teks, foto, video, stiker, dokumen disimpan secara lokal di ponsel pengguna.

Jadi jika si pengguna tidak memiliki ponsel lama mungkin karena rusak atau hilang, mengimpor cadangan ke ponsel baru adalah satu-satunya cara untuk mengembalikan semua percakapan tersebut. Saat ini WhatsApp memfasilitasi pencadangan ke akun Google Drive pengguna untuk pengguna Android dan iCloud untuk pengguna iOS. Berikut cara membuat cadangan untuk akun WhatsApp.

Mencadangkan pesan WhatsApp di Android

Cara mencadangkan pesan obrolan WhatsApp di Android dan iOS foto: freepik.com/thanyakij-12

Di Android, WhatsApp akan memilih menyimpan dan memperbarui cadangan apa pun ke penyimpanan Google Drive yang terkait dengan akun Google yang masuk ke perangkat pengguna. Untuk membuat cadangan begini caranya.

1. Dari WhatsApp, sentuh ikon tiga titik di sudut kanan atas dan pilih Pengaturan.

2. Pilih Obrolan dan kemudian Cadangan obrolan.

3. Di bawah Cadangkan ke Google Drive, kamu harus memilih frekuensi pembaruan selain Tidak Pernah (Never). Kamu dapat memilih setiap hari atau hanya ketika mengetuk tombol Cadangkan di layar.

4. Di bawah Akun Google, pastikan kamu telah memilih akun yang tepat untuk menyimpan cadangan. Pastikan kamu memiliki penyimpanan yang cukup di paket Google One.

5. Kamu juga dapat beralih ke Cadangkan menggunakan seluler dan Sertakan video WhatsApp menunjukkan ukuran kumulatif video yang saat ini disimpan.

6. Setelah kamu mengatur pengaturan tersebut, tekan Cadangkan untuk melakukan pencadangan.

Mencadangkan pesan WhatsApp di iPhone

Cara mencadangkan pesan obrolan WhatsApp di Android dan iOS foto: freepik.com/thanyakij-12

Di iOS, WhatsApp menyimpan dan memperbarui cadangan dengan akun iCloud. Untuk melakukannya dengan iPhone begini caranya.

1. Dari pengaturan sistem, buka profil ID Apple, lalu pilih iCloud.

2. Geser tombol untuk iCloud Drive jika belum aktif, lalu geser tombol untuk WhatsApp.

3. Kemudian, dari WhatsApp, ketuk ikon tiga titik di sudut kanan atas dan pilih Pengaturan.

4. Pilih Obrolan dan kemudian Cadangan obrolan.

5. Kamu bisa memilih Cadangkan sekarang untuk melakukan pencadangan manual dan/atau mengaktifkan Pencadangan Otomatis untuk pencadangan terjadwal.

6. Tidak ada pilihan untuk pencadangan seluler, tetapi kamu bisa memilih untuk sertakan video.

(brl/red)