Cara menambahkan info medis ke ponsel Android, bisa membantu saat kondisi darurat

Cara menambahkan info medis ke ponsel Android, bisa membantu saat kondisi darurat

Techno.id - Bukan rahasia lagi jika smartphone adalah salah satu perangkat yang selalu dibawa kemana-mana. Nah dalam situasi darurat seperti kecelakaan, ponsel dapat menjadi penyelamat, bukan hanya untuk menelepon. Kamu bisa memasukkan informasi medis agar mudah ditemukan.

Apalagi sebagian besar ponsel Android termasuk perangkat Samsung Galaxy memiliki fitur Keamanan dan Darurat di Pengaturan. Kamu dapat menambahkan informasi medis penting yang mungkin diperlukan paramedis atau orang lain dalam keadaan darurat. Menariknya informasi tersebut dapat diakses tanpa membuka kunci ponsel kamu.

Untuk tips ini, Techno.id menggunakan contoh perangkat Samsung Galaxy. Begini caranya menambahkan informasi medis di Android.

Cara menambahkan info medis ke ponsel Android, bisa membantu saat kondisi darurat foto: techno.id/yani andriyansyah

1. Buka Pengaturan

2. Pilih fitur Keselamatan dan Darurat

3. Ketuk Info Medis

4. Perangkat Samsung Galaxy akan memberi tahu info medis yang tersedia dari layar kunci secara default, dan kamu dapat mengubahnya nanti.

5. Kamu akan melihat beberapa kotak teks untuk berbagai informasi medis seperti alergi, golongan darah, obat-obatan, dan lain sebagainya. Isi informasi sebanyak yang kamu inginkan.

6. Setelah mengisi semua data yang dibutuhkan, kamu ketuk Simpan dan kamu akan melihat opsi untuk menampilkan informasi ini pada layar kunci.

Cara menambahkan kontak darurat

Cara menambahkan info medis ke ponsel Android, bisa membantu saat kondisi darurat foto: techno.id/yani andriyansyah

Untuk menambahkan kontak darurat di ponsel Android kamu, buka Pengaturan > Keamanan dan Darurat > Kontak Darurat.

Setelah itu kamu tinggal Tambah Anggota atau Tambah Kontak untuk melanjutkan. Kamu juga akan melihat opsi untuk membuat kontak darurat yang tersedia di layar kunci.

Jika kamu memilih membuat informasi medis dan kontak darurat di layar kunci, maka data tersebut dapat diakses dengan mengetuk tombol Darurat atau Panggilan Darurat yang muncul ketika kamu diminta untuk membuka kunci ponsel.

(brl/red)