Cara memperbaiki pengisian daya cepat yang tidak berfungsi di ponsel Android

Cara memperbaiki pengisian daya cepat yang tidak berfungsi di ponsel Android

Techno.id - Saat ini masih sering diperdebatkan mengenai bahaya pengisian daya cepat (fast charging).Namun teknologi pengisian daya cepat dapat menghidupkan kembali ponsel yang benar-benar habis dalam hitungan detik.

Yang jelas saat ini teknologi pengisian daya cepat menjadi penyelamat ketika kamu memiliki waktu terbatas untuk mengisi daya perangkat Android. Namun, jika perangkat tiba-tiba berhenti mengisi daya dengan cepat atau tidak mengisi daya sama sekali, kamu tidak perlu panik.

Techno.id telah merangkum beberapa metode efektif untuk memperbaiki pengisian daya cepat yang tidak berfungsi pada ponsel Android.

1. Periksa kompatibilitas ponsel kamu

Cara memperbaiki pengisian daya cepat yang tidak berfungsi di ponsel Android foto: freepik/rawpixel

Teknologi pengisian daya cepat yang paling umum saat ini adalah teknologi Qualcomm Quick Charge dan teknologi Mediatek Pump Express. Jika ponsel kamu mendukung salah satu dari keduanya, maka ponsel akan mendukung pengisian daya cepat.

Kamu dapat memeriksa perangkat dalam daftar perangkat resmi yang mendukung pengisian daya cepat untuk mengonfirmasinya. Selain itu, kamu dapat mencari nama model perangkat di Google atau memeriksa detail kotak untuk menentukan apakah perangkat kamu mendukung pengisian daya cepat.

2. Bersihkan port pengisian daya

Cara memperbaiki pengisian daya cepat yang tidak berfungsi di ponsel Android foto: freepik/user3802032

Port pengisian daya yang tersumbat adalah alasan umum di balik ponsel Android tidak dapat mengisi daya dengan cepat. Debu dan kotoran mencegah kabel data tersambung dengan benar, sehingga mengakibatkan hilangnya daya. Bersihkan port pengisian daya ponsel kamu untuk menyelaraskannya dengan kabel dan adaptor pengisian daya cepat.

3. Pastikan kamu menggunakan pengisi daya cepat

Cara memperbaiki pengisian daya cepat yang tidak berfungsi di ponsel Android foto: freepik/user3802032

Kamu juga dapat menentukan kemampuan pengisian daya cepat ponsel dengan membaca detail pada pengisi daya itu sendiri. Biasanya jika kamu membeli pengisi daya cepat yang sesuai dengan ponsel kamu, maka bisa melihat keterangan yang tertera pada alat tersebut. Umumnya ponsel yang sudah mendukung pengisian daya cepat jika menyertakan adaptor dan kabel maka peralatan tersebut sudah mendukung pengisian daya cepat.

4. Perbarui ponsel dan matikan saat mengisi daya

Cara memperbaiki pengisian daya cepat yang tidak berfungsi di ponsel Android foto: freepik/user16766420

Jika ponsel kamu mendukung pengisian daya cepat, tetapi entah bagaimana tidak mengisi daya dengan teknologi pengisian daya cepat, itu mungkin disebabkan bug dalam sistem yang mungkin mengganggu. Untuk memperbaiki bug ini, kamu harus memeriksa ponsel dan menginstal pembaruan perangkat lunak.

Selain itu, matikan ponsel saat mengisi daya untuk mengalibrasi baterai. Ikuti langkah-langkah sederhana ini untuk memeriksa pembaruan yang tersedia untuk ponsel kamu.

1. Buka aplikasi Pengaturan dan cari Pembaruan Sistem.Kamu juga dapat mengetik 'pembaruan sistem' di bilah pencarian aplikasi Pengaturan untuk menemukannya.

2. Tunggu beberapa detik agar sistem memeriksa dan menginstal pembaruan baru.

(brl/red)