Cara memperbaiki masalah pengurasan baterai di sistem inti perangkat Android

Cara memperbaiki masalah pengurasan baterai di sistem inti perangkat Android

Cara memperbaiki pengurasan baterai sistem Android

Tips memperbaiki pengurasan baterai

Jika kamu ingin mencoba metode lain untuk memperbaiki masalah pengurasan baterai pada perangkat Android kamu, berikut adalah beberapa metode yang dapat kamu gunakan.

1. Hapus cache dari Pengaturan

Jika kamu sudah lama tidak menghapus cache di perangkat, maka perangkat kamu mungkin telah mengumpulkan banyak file cache. Menyingkirkan file-file ini penting karena menempati ruang penyimpanan dan file-file tersebut tidak banyak berguna.

Untuk menghapus cache, buka Menu > Pengaturan > Aplikasi & pemberitahuan > [nama aplikasi] > Penyimpanan dan ketuk Hapus Cache. Lakukan untuk semua aplikasi yang ingin kamu hapus file cache.

2. Menghapus data layanan Google Play

Cara memperbaiki masalah pengurasan baterai di sistem inti perangkat Android foto: techno.id/yani andriyansyah

Layanan Google Play di perangkat kamu menyimpan dan menggunakan banyak data di ruang memori. File-file ini membebani baterai dan itulah salah satu alasan mengapa kamu menghadapi masalah pengurasan baterai di perangkat.

Untuk menghapus data ini, buka Menu > Pengaturan > Aplikasi & pemberitahuan > Layanan Google Play > Penyimpanan dan ketuk Hapus Penyimpanan. Ini akan menghapus semua data untuk layanan ini di perangkat kamu.

3. Copot pemasangan aplikasi yang tidak berguna

Cara memperbaiki masalah pengurasan baterai di sistem inti perangkat Android foto: techno.id/yani andriyansyah

Jika kamu memiliki aplikasi apa pun yang tidak lagi digunakan di perangkat, kamu mungkin ingin menghapusnya untuk memperbaiki masalah pengurasan baterai. Meskipun kamu tidak menggunakan aplikasi tersebut, tetapi dapat menghabiskan cukup banyak sumber daya perangkat dan menyebabkan baterai turun lebih cepat dari biasanya.

Cukup buka Menu > Pengaturan > Aplikasi & pemberitahuan > [nama aplikasi] dan ketuk Copot Pemasangan untuk mencopot pemasangan aplikasi yang tidak berguna dari perangkat kamu.

4. Nonaktifkan pencadangan otomatis

Pencadangan otomatis mulai akan memanfaatkan sumber daya perangkat saat menggunakan autopilot dan dijalankan kapan pun mereka mau atau sesuai petunjuk yang kamu berikan. Menonaktifkannya akan memberi baterai perangkat kamu lebih lama bertahan. Kamu dapat menonaktifkan fitur pencadangan otomatis dari opsi pencadangan di menu pengaturan.

5. Menghapus cache sistem

Cara memperbaiki masalah pengurasan baterai di sistem inti perangkat Android foto:tenorshare

Sama seperti aplikasi, sistem juga membuat dan menyimpan file cache di perangkat. Jika kamu tidak membersihkan file-file ini secara teratur, jumlah dan ukurannya akan bertambah dan kamu akan memiliki ribuan file cache yang tidak berguna di perangkat dan menghabiskan baterai.

Untungnya, ada cara mudah untuk menghapus file-file ini. Masukkan ReiBoot untuk Android, perangkat lunak yang memungkinkan kamu menghapus file cache dengan mengklik tombol. Berikut adalah cara kerjanya,

1. Aktifkan debugging USB dari Pengaturan > Opsi pengembang dan sambungkan perangkat Anda ke komputer. Unduh dan luncurkan perangkat lunak di komputer kamu.

2. Saat perangkat lunak diluncurkan, klik opsi yang bertuliskan Satu Klik untuk Menghapus Cache Sistem.

3. Tunggu perangkat lunak untuk menghapus file cache sistem. Ini akan memberi tahu kamu saat cache dihapus.

4. Ketika sudah siap, file cache sistem kamu telah berhasil dihapus dari perangkat. Itu adalah perbaikan cepat pengurasan baterai perangkat Android.

(brl/red)