Cara memperbaiki masalah koneksi atau kode MMI tidak valid di smartphone Android

Cara memperbaiki masalah koneksi atau kode MMI tidak valid di smartphone Android

Techno.id - Kode Man Machine Interface (MMI) berguna ketika kamu ingin mengakses informasi tentang ponsel Android yang kamu gunakan, mengaktifkan atau menonaktifkan fitur tertentu. Namun tidak jarang ponsel pengguna menampilkan kesalahan Masalah Koneksi atau Kode MMI Tidak Valid.

Jika mendapatkan masalah seperti ini, jangan panik. Masalah tersebut dapat terjadi karena gangguan jaringan, kerusakan kartu SIM, atau aplikasi yang bermasalah. Apa pun penyebabnya, solusi di bawah ini akan membantu kamu memperbaiki masalah tersebut.

1. Edit kode

Cara memperbaiki masalah koneksi atau kode MMI tidak valid di smartphone Android foto: freepik/binkontan

Kode MMI tidak mudah diingat, jadi ada kemungkinan kamu mengetik kode yang salah. Luangkan waktu sejenak dan periksa apakah kamu telah memasukkan kode MMI yang benar.

Sebagai alternatif, kamu bisa menambahkan koma setelah kode dan melihat apakah berhasil. Sebagai contoh, jika kamu ingin mencoba *#*#4636#*#* untuk memeriksa informasi tentang penggunaan data ponsel, ketik *#*#4636#*#*, sebelum melakukan panggilan.

2. Mengaktifkan dan menonaktifkan mode pesawat

Cara memperbaiki masalah koneksi atau kode MMI tidak valid di smartphone Android foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Ada kemungkinan perangkat Android kamu mengalami kesalahan Masalah Koneksi atau Kode MMI Tidak Valid karena kesalahan jaringan sementara. Sering kali, menyegarkan koneksi jaringan dengan mengaktifkan dan menonaktifkan mode pesawat akan memperbaiki masalah ini.

Akses menu Pengaturan Cepat ponsel kamu dan ketuk mode Pesawat. Tunggu beberapa menit dan nonaktifkan. Selain itu, kamu dapat mengakses mode pesawat dengan membuka Pengaturan > Koneksi pada perangkat Android kamu.

3. Mengaktifkan dan menonaktifkan kartu SIM

Cara memperbaiki masalah koneksi atau kode MMI tidak valid di smartphone Android foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Ketika menghadapi masalah jaringan pada ponsel, kamu dapat mencoba mematikan dan menghidupkan kartu SIM. Buka aplikasi Pengaturan ponsel dan buka Koneksi > Manajer SIM. Di sini, matikan sakelar di samping SIM, tunggu beberapa menit, dan nyalakan kembali.

4. Masukkan kode dalam mode aman

Cara memperbaiki masalah koneksi atau kode MMI tidak valid di smartphone Android foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Aplikasi pihak ketiga yang tidak berfungsi mungkin menjadi alasan mengapa kamu mengalami kesalahan Masalah Koneksi atau Kode MMI Tidak Valid. Untuk mengujinya, coba masukkan kode dalam mode aman.

Buka menu Pengaturan Cepat dan ketuk ikon Daya. Kemudian, ketuk dan tahan Power off sampai kamu melihat ikon Safe mode. Ketuk untuk memulai ulang ponsel dalam mode aman.

Setelah ponsel dinyalakan kembali, coba panggil kode MMI. Jika berhasil, kamu harus menghapus aplikasi yang bermasalah. Selagi kamu melakukan hal ini, ada baiknya mencari dan menghapus aplikasi yang tidak pernah kamu gunakan.

5. Setel ulang pengaturan jaringan

Cara memperbaiki masalah koneksi atau kode MMI tidak valid di smartphone Android foto: freepik/tascha1

Jika kamu masih tidak bisa membuat kode MMI berfungsi, pertimbangkan untuk mengatur ulang pengaturan jaringan ponsel Android. Namun, kamu harus tahu bahwa mengatur ulang pengaturan jaringan akan menghapus perangkat yang dipasangkan, batas data, dan kata sandi Wi-Fi, dan jaringan lainnya.

Sebagai informasi, kode MMI bisa sangat berguna, terutama jika kamu harus menyervis ponsel dan membutuhkan informasi perangkat lunak dan perangkat keras. Nah, jika kamu masih tidak bisa membuat kode MMI berfungsi, kamu harus menghubungi penyedia jaringan untuk mendapatkan instruksi khusus operator. Ada kemungkinan besar operator akan menawarkan kartu SIM baru.

(brl/red)