Cara mengurangi pengurasan baterai Android saat menggunakan Wi-Fi melalui fitur opsi pengembang

Cara mengurangi pengurasan baterai Android saat menggunakan Wi-Fi melalui fitur opsi pengembang

Techno.id - Daya tahan baterai sangat berbeda ketika kamu membandingkan berbagai perangkat seluler yang menjalankan Android. Dari perangkat yang menguras baterai dengan cepat hingga perangkat yang tampaknya dapat berjalan berhari-hari tanpa mengisi ulang.

Banyak faktor yang menyebabkan daya tahan baterai menurun. Bisa karena baterai itu sendiri, perangkat keras dan layar perangkat, pengaturan seperti kecerahan layar, dan juga aplikasi yang berjalan pada perangkat di latar belakang.

Selain itu apa yang dilakukan perangkat saat terhubung ke jaringan nirkabel juga dapat berperan menguras baterai. Beberapa perangkat Android dikonfigurasikan untuk tetap mengaktifkan data selular saat menggunakan Wi-Fi, sementara yang lainnya tidak.

Meskipun mengaktifkan data selular memiliki keuntungan dan bahkan mungkin diperlukan untuk beberapa fungsi, namun opsi ini juga dapat menguras baterai dengan cepat.

Periksa pengaturan

Cara mengurangi pengurasan baterai Android saat menggunakan Wi-Fi melalui fitur opsi pengembang foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Jika baterai perangkat Android kamu sering terkuras saat menggunakan Wi-FI kamu bisa memeriksa pengaturan pada Opsi Pengembang (Pilihan Pengembang) perangkat. Begini caranya.

1. Buka Pengaturan pada perangkat Android.

2. Gulir ke bawah ke Sistem dan aktifkan.

3. Jika kamu melihat Opsi pengembang, lewati dua langkah berikutnya.

4. Ketuk tentang telepon.

5. Ketuk berulang kali pada nomor build hingga kamu melihat notifikasi Kamu sekarang menjadi pengembang.

6. Ketuk Opsi pengembang di bawah Pengaturan > Sistem.

7. Gulir ke bawah ke Data seluler selalu aktif dan pastikan pengaturannya dimatikan.

8. Jika aktif, alihkan untuk mematikannya.

(brl/red)