Cara membatasi data selular di perangkat Android kamu agar tidak terkuras habis

Cara membatasi data selular di perangkat Android kamu agar tidak terkuras habis

Techno.id - Untuk sebagian besar orang, paket data dianggap masih mahal. Bagi mereka yang memiliki cukup budget, mungkin bakal memilih paket pascabayar. Sementara untuk kalangan yang memiliki keuangan terbatas biasanya akan memilih paket prabayar.

Banyak orang mengatur paket mereka bisa bertahan hingga satu bulan dengan sekali pembelian. Tetapi terkadang paket tersebut habis sebelum satu bulan. Biasanya kondisi ini terjadi ketika si pengguna lebih sering menggunakan paket data karena jaringan Wi-Fi tidak tersedia.

Bisa juga karena pengguna secara tidak sengaja melakukan streaming musik dan menonton video ketika terhubung ke jaringan 4G LTE atau 5G, yang mengakibatkan kuota data yang seharusnya bisa digunakan selama satu bulan tetapi habis sebelum waktunya.

Kabar baiknya, versi modern perangkat Android saat ini memiliki fitur yang dirancang untuk menghilangkan masalah ini. Tetapi pengguna harus menyalakannya secara manual untuk melindungi data selular habis secara tidak sengaja.

Cara mengatur batas data maksimum di Android

Cara membatasi data selular di perangkat Android kamu agar tidak terkuras habis

Android dilengkapi dengan beberapa fitur pemantauan dan penyimpanan data bawaan. Ada menu penggunaan data selular, misalnya, yang menunjukkan kepada pengguna berapa banyak data yang telah digunakan selama satu bukan atau siklus penagihan. Bahkan pengguna bisa mengetahui perincian aplikasi mana saja yang menggunakan data tersebut.

Pengguna bisa mengurangi penggunaan data tersebut dengan mengatur batas data maksimum. Begini caranya.

1. Buka Pengaturan.

2. Ketuk Data Selular.

3. Ketuk Penggunaan Data.

4. Ketuk "Siklus penagihan dan peringatan data."

5. Ketuk sakelar sakelar di samping "Tetapkan batas data" untuk mengaktifkan fitur.

6. Ketuk Batas Data.

7. Ketik batas data yang ingin kamu tetapkan. Misalnya, ketik 1 untuk menetapkan batas data 1 GB.

8. Ketuk OK.

Cara membatasi data selular di perangkat Android kamu agar tidak terkuras habis foto: freepik/creativeart

Batas yang harus kamu tetapkan tergantung pada jumlah data berkecepatan tinggi yang kamu dapatkan per bulan dan jumlah yang ingin kamu sisakan sebagai cadangan untuk keadaan darurat. Misalnya, jika kamu mendapatkan total 6 GB data selular berkecepatan tinggi per bulan, kamu dapat menetapkan batas data 2 GB.

Setelah batas tersebut tercapai, ponsel akan berhenti menggunakan data selular. Hal ini akan mencegah kamu menghabiskan semua data jika tidak sengaja mengonsumsi konten saat terhubung ke jaringan seluler dan bukan Wi-Fi. Kamu dapat meningkatkan batas secara manual setelah mencapai batas awal.

(brl/red)