Cara mematikan getaran di iPhone untuk membantu menghemat baterai

Cara mematikan getaran di iPhone untuk membantu menghemat baterai

Techno.id - Saat mengaktifkan mode senyap pada iPhone, maka kamu tidak akan mendengar suara ketika ada notifikasi masuk. Meski begitu, biasanya iPhone akan tetap bergetar jika vibrator tidak dimatikan.

Nah saat vibrator menyala, maka akan membutuhkan daya meski tidak terlalu besar. Namun jika notifikasi terus masuk, maka konsumsi daya yang dibutuhkan lama-kelamaan juga semakin besar yang pada akhirnya dapat memengaruhi masa pakai baterai.

Karena itu tidak ada salahnya jika kamu mematikan getaran sepenuhnya untuk aplikasi tertentu dan peringatan tertentu. Begini caranya.

Cara mematikan getaran untuk panggilan dan notifikasi

Cara mematikan getaran di iPhone untuk membantu menghemat baterai foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Jika kamu memilih agar iPhone tidak bergetar untuk panggilan masuk atau notifikasi, kamu dapat menonaktifkan fitur ini dengan mengikuti langkah-langkah berikut.

1. Buka aplikasi Pengaturan di iPhone, pilih Suara & Haptik.

2. Ketuk Haptik di bawah bagian Nada Dering dan Peringatan.

3. Pilih Jangan Mainkan dalam Mode Senyap atau Jangan Pernah Mainkan tergantung pada preferensi kamu. Misalnya, jika kamu tidak menyukai getaran saat menggunakan mode Senyap iPhone, pilih Jangan Putar dalam Mode Senyap.

4. Kembali ke menu sebelumnya dan pilih salah satu jenis peringatan, seperti Nada Dering, Email Baru, Peringatan Default, dan lain sebagainya. Ketuk Haptik di bagian atas dan pilih Tidak Ada.

Cara mematikan semua getaran

Cara mematikan getaran di iPhone untuk membantu menghemat baterai foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Meskipun metode di atas menonaktifkan sebagian besar getaran, iPhone akan tetap bergetar jika kamu menerima peringatan darurat. Jika ingin mematikan semua getaran di iPhone, kamu dapat melakukannya melalui pengaturan Aksesibilitas iPhone. Yang perlu kamu lakukan adalah pergi ke Pengaturan > Aksesibilitas > Sentuh. Sekarang, gulir ke bawah dan matikan sakelar di sebelah Getaran.

Kamu mungkin telah memperhatikan bagaimana iPhone sedikit bergetar setiap kali kamu melakukan tindakan seperti beralih di sakelar atau menekan lama tombol di Pusat Kontrol iPhone atau saat mengetik di keyboard iPhone. Ini disebut Haptics Sistem dan Umpan Balik Keyboard. Saat kamu mematikan semua getaran di iPhone, kamu juga akan menonaktifkan fitur ini.

Namun, kamu dapat menonaktifkannya tanpa memengaruhi semua aplikasi dengan menuju ke Pengaturan > Suara dan Haptik dan mematikan sakelar di sebelah Haptik Sistem. Demikian pula, ketuk Umpan Balik Papan Ketik dan matikan sakelar di sebelah Haptics.

Cara mematikan getaran untuk aplikasi tertentu

Cara mematikan getaran di iPhone untuk membantu menghemat baterai foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Alih-alih mematikan getaran untuk teks yang kamu terima atau untuk semua aplikasi, kamu mungkin sering ingin iPhone berhenti bergetar setiap kali menerima pemberitahuan dari aplikasi perpesanan atau media sosial pihak ketiga seperti WhatsApp.

Satu-satunya cara mematikan getaran untuk aplikasi tertentu adalah dengan menyesuaikan pengaturan notifikasi aplikasi. Inilah yang perlu kamu lakukan.

1. Buka Pengaturan dan buka Pemberitahuan.

2. Pilih aplikasi yang ingin kamu matikan getarannya.

3. Matikan sakelar di sebelah Suara

Meskipun iPhone kamu tidak akan lagi bergetar saat menerima pemberitahuan dari aplikasi, kamu juga tidak akan lagi mendengar ping saat menerima pemberitahuan, bahkan saat dering kamu dihidupkan. Karena metode ini pada dasarnya menghentikan peringatan audio. Kecuali kamu ingin membungkam notifikasi di iPhone, saat ini tidak ada cara mematikan getaran untuk aplikasi tertentu tanpa mengorbankan peringatan audio.

(brl/red)