Cara lacak ponsel Android yang hilang pakai aplikasi Find My Device

Cara lacak ponsel Android yang hilang pakai aplikasi Find My Device

Techno.id - Smartphone merupakan perangkat canggih yang diandalkan oleh seseorang untuk menunjang aktivitas produktif. Ditambah smartphone juga mempermudah pengguna untuk melakukan komunikasi jarak jauh. Oleh karena itu, apabila smartphone tiba-tiba hilang tentu membuat pengguna merasa kebingungan.

Tak jarang seseorang mengalami nasib apes kehilangan perangkat smartphone yang digunakan. Tentu penyebabnya ada beragam. Mulai dari kecerobohan pengguna sampai ada pencuri yang mengambil smartphone tersebut.

Namun bagi kamu pengguna Android jangan cepat panik. Ternyata ada cara mencari perangkat smartphone Android yang hilang loh. Sebagai pemuka teknologi IT terbesar di dunia, Google memiliki platform Find My Device. Aplikasi tersebut dapat digunakan untuk mencari perangkat yang tiba-tiba hilang.

Cara lacak ponsel Android yang hilang pakai aplikasi Find My Device

foto: pixabay.com

Aplikasi bentukan Google tersebut memiliki fitur Find My Phone. Untuk sistem operasinya hampir mirip dengan Find My iPhone miliki Apple. Dengan fitur tersebut pengguna dapat melihat lokasi perangkat pada peta, informasi WiFi, dan daya baterai. Bahkan dengan aplikasi tersebut perangkat dapat berbunyi untuk mengetahui keberadaan lokasi walaupun dalam mode senyap.

Aplikasi Find My Device dapat diunduh melalui Google Play Store secara gratis. Platform tersebut juga memiliki sistem interface cukup mudah digunakan. Untuk menggunakannya kamu hanya perlu melakukan cara melacak ponsel Android yang hilang pakai aplikasi Find My Device yang telah dirangkum techno.id dari berbagai sumber pada Rabu (27/7).

Berikut langkah yang harus dilakukan untuk mengakses fitur Find My Phone:

Cara lacak ponsel Android yang hilang pakai aplikasi Find My Device

foto: pixabay.com

1. Silakan untuk undah dan install aplikasi Find My Device.

2. Setelah aplikasi terbuka silakan masuk dengan akun Google yang terdaftar pada ponsel yang hilang.

3. Secara otomatis aplikasi akan menunjukan informasi terkait ponsel yang hilang tadi.

4. Kemudian pilih perangkat yang ingin ditemukan. Aplikasi tersebut akan memberikan informasi kapan terakhir terdeteksi, jaringan aktif, dan status baterai. Kemudian pengguna juga dapat melihat lokasi perangkat dan memilih PIN untuk membuka pada Google Maps ke lokasi.

5. Apabila lokasi dengan sudah dekat, pengguna dapat memilih Play Sound. Hal tersebut bertujuan untuk menderingkan perangkat selama lima menit.

6. Jika perangkat masih belum ditemukan, pengguna dapat memberikan informasi kepada siapapun yang menemukan ponsel yang hilang untuk mengembalikannya. Hal tersebut dapat dilakukan menggunakan fitur "Secure Device". Untuk menggunakannya silakan untuk memasukan pesan opsional dan nomor telepon untuk siapapun yang menemukan ponsel tersebut.

7. Find My Device juga memiliki fitur untuk mengamankan data. Selain itu aplikasi tersebut juga dapat digunakan untuk menghapus data penting dari jarak jauh. Untuk melakukannya silakan klik opsi "Erase Device" dan izinkan aplikasi untuk menghapus data di ponsel yang hilang.

Cara lacak ponsel Android yang hilang pakai aplikasi Find My Device

foto: pixabay.com

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melacak ponsel yang hilang melalui aplikasi Find My Device. Namun perlu digaris bawahi, aplikasi tersebut dapat digunakan apabila perangkat masih aktif. Apabila perangkat non-aktif maka aplikasi tidak dapat berfungsi. Selamat mencoba!


(brl/guf)