Cara download Opera Browser di laptop dan PC, nggak pakai ribet

image

Techno.id - Laptop dan PC merupakan salah satu perangkat yang digunakan untuk mengerjakan berbagai keperluan bagi setiap orang. Dengan bantuan perangkat tersebut, kegiatan yang dilakukan bisa diselesaikan dengan mudah dan cepat.

Sebagai contoh keperluan mencari berbagai informasi menggunakan akses internet. Pemerolehan data menggunakan internet pada laptop dan PC tentunya bisa dilakukan dengan mudah berkat adanya aplikasi browser sebagai pendukung kegiatan tersebut.

Dengan bantuan browser, proses pengumpulan berbagai data bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Salah satu browser yang bisa digunakan adalah Opera. Dengan berbagai jenis yang ada, Opera menjadi salah satu browser yang mudah digunakan untuk menunjang berbagai akses internet di laptop da PC.

Aplikasi browser yang termasuk ringan ini cocok digunakan sebagai peramban untuk menjalankan berbagai keperluan. Dengan proses download dan instal yang mudah, Opera bisa digunakan sebagai alternatif aplikasi browser pada laptop dan PC yang digunakan.

Berkaitan dengan cara download dan install Opera, berikut techno.id telah merangkum dari berbagai sumber pada Rabu (11/5), cara download Opera Browser di laptop dan PC.

Spesifikasi minimum.

Cara download Opera Browser di laptop dan PC opera.com

foto: opera.com

Untuk bisa menjalankan opera browser dengan lancar, terdapat spesifikasi minimum yang perlu diperhatikan sebelum mendownload Opera browser.

Spesifikasi minimum untuk mendownload dan menjalankan Opera browser versi terbaru dengan lancar adalah sebagai berikut.

OS: Windows 7, 8, 10, dan 11
Basis Windows: 32 bit dan 64 bit
RAM: 2 GB
Storage: 9 GB

Selain spesifikasi di atas, kamu juga perlu memeriksa kestabilan koneksi internet pada laptop dan PC yang kamu gunakan. Kestabilan internet sangat diperlukan baik untuk mendownload maupun menggunakan Opera Browser untuk berbagai keperluan.

Cara download Opera Browser di laptop dan PC.

Cara download Opera Browser di laptop dan PC opera.com

foto: opera.com

Setelah mematikan perangkat yang kamu gunakan sudah memenuhi spesifikasi minimum yang diperlukan, kamu bisa langsung melakukan download dan instalasi Opera Browser pada laptop dan PC yang kamu gunakan.

Untuk mulai mendownload Opera Browser pada laptop dan PC yang kamu pakai, kamu bisa ikuti langkah berikut.

1. Buka browser yang kamu gunakan dan ketikkan Opera Browser.
2. Masuk ke dalam website resmi Opera Browser dan klik Download Now pada pojok kanan atas.
3. Secara otomatis setup Opera Browser akan mulai terdownload pada laptop dan PC yang kamu gunakan, tunggu hingga proses download selesai.
4. Setelah proses download selesai, buka setup Opera Browser di lokasi download pada perangkat yang kamu gunakan.
5. Setelah menemukan setup Opera Browser, klik dua kali dan akan muncul tampilan perizinan, klik Yes.
6. Selanjutnya akan muncul jendela instalasi setup opera, klik Install.
7. Tunggu hingga proses instalasi selesai.
8. Setelah proses instalasi selesai restart perangkat yang kamu gunakan agar Opera Browser bisa berjalan dengan maksimal.
9. Setelah merestart laptop dan PC yang kamu gunakan, kamu sudah bisa menggunakan Opera Browser untuk berbagai keperluan pengumpulan data yang kamu inginkan.


(brl/guf)