Cara atasi foto WhatsApp tidak tersimpan di galeri, ini penyebabnya

Cara atasi foto WhatsApp tidak tersimpan di galeri, ini penyebabnya

Techno.id - Seperti diketahui bersama WhatsApp merupakan aplikasi untuk komunikasi digital dengan segudang fitur. Salah satu fitur menarik yang ada di WhatsApp adalah mengirimkan berbagai file terutama foto maupun video. Dengan fitur tersebut pengguna WhatsApp bisa saling bertukar foto secara mudah dan cepat. Bahkan kualitas dari foto tersebut tidak dikurangi.

Namun layaknya aplikasi lainnya, tentu WhatsApp memiliki beberapa masalah atau bug yang muncul. Khusus untuk saling bertukar foto pengguna sering mengalami masalah dengan foto tidak tersimpan di galeri secara otomatis. Tentu hal tersebut akan mengganggu, terutama foto tersebut sangat diperlukan di kemudian hari.

Penyebab foto yang diterima dari pesan WhatsApp tidak dapat disimpan secara otomatis karena beberapa hal. Lebih lengkapnya techno.id pada Rabu (31/8), akan mengulas penyebab dan cara atasi WhatsApp tidak simpan foto secara otomatis yang dihimpun dari FAQ resmi aplikasi.

Penyebab WhatsApp tidak simpan foto secara otomatis.

1. Masalah pada jaringan internet.

Cara atasi foto WhatsApp tidak tersimpan di galeri, ini penyebabnya

foto: pixabay.com

Penyebab dari WhatsApp tidak bisa simpan foto yang pertama adalah internet. Seperti diketahui bersama, WhatsApp bisa bekerja dengan baik karena adanya jaringan internet stabil. Apabila terdapat masalah pada jaringan seperti terputusnya koneksi, maka bisa saja foto tidak dapat terunduh dengan baik.

2. Kesalahan pada pengaturan tanggal dan waktu.

WhatsApp juga memiliki koneksi pada pengaturan jam dan tanggal perangkat. Apabila perangkat yang digunakan memiliki pengaturan waktu yang salah, maka server WhatsApp tidak dapat membaca pengiriman pesan dengan baik. Akibatnya akan terjadi bug dan foto tidak bisa terunduh.

3. Pengaturan auto save mati.

WhatsApp mempunyai fitur auto save. Fitur tersebut memungkinkan semua file media yang masuk akan diunduh secara otomatis dan tersimpan pada galeri. Apabila fitur tersebut mati, maka WhatsApp secara otomatis tidak menyimpan file tersebut.

4. Fitur penyimpanan ke galeri non-aktif.

File foto yang diterima pada WhatsApp pada dasarnya tidak tersimpan secara otomatis. Apabila pengguna menonaktifkan fitur penyimpanan file ke galeri, maka WhatsApp tidak akan menyimpan foto ke galeri. Dengan kata lain, apabila pengguna mematikan fitur simpan ke galeri maka foto hanya akan tersimpan pada aplikasi saja.

5. Kapasitas penyimpanan penuh.

Cara atasi foto WhatsApp tidak tersimpan di galeri, ini penyebabnya

foto: pixabay.com

Salah satu penyebab foto tidak tersimpan yang sering muncul adalah kapasitas penyimpanan perangkat telah penuh. Ketika memori penyimpanan penuh, maka AI secara otomatis akan menolak untuk WhatsApp menyimpan foto ke galeri.

Itulah beberapa penyebab foto WhatsApp tidak tersimpan secara otomatis ke galeri. Untuk mengatasinya kamu bisa melakukan cara-cara berikut ini:

1. Cek jaringan internet.

Silakan untuk melakukan pengecekan jaringan internet yang dipakai perangkat. Apabila didapati koneksi buruk, coba untuk sambungkan ulang. Kamu bisa masuk ke mode pesawat selama beberapa saat. Kemudian hubungkan kembali ke jaringan internet yang tersedia.

2. Atur waktu dan tanggal.

Untuk mengatur waktu dan tanggal, pengguna bisa masuk ke menu pengaturan. Silakan pilih "Waktu & Tanggal". Silakan atur jam dan tanggal sesuai dengan waktu terkini sebenarnya. Kamu juga bisa atur waktu secara otomatis, sehingga perangkat melakukan penyuntingan auto jam dan tanggal.

3. Aktifkan fitur Auto Save.

Cara atasi foto WhatsApp tidak tersimpan di galeri, ini penyebabnya

foto: pixabay.com

Untuk mengaktifkan fitur Autosave kamu bisa membuka menu "Pengaturan" pada aplikasi WhatsApp. Kemudian pilih opsi Penyimpanan dan Data. Aktifkan pilihan pengunduhan foto dengan menggeser toggle yang tersedia.

4. Aktifkan penyimpanan foto ke galeri.

Untuk mengaktifkan fitur penyimpanan foto ke galeri kamu bisa membuka menu "Pengaturan" pada aplikasi WhatsApp. Pada menu pengaturan silakan pilih opsi "Chat". Setelah itu hidupkan pilihan penyimpanan di galeri.

5. Hapus file yang tidak terpakai.

Apabila penyimpanan penuh, silakan untuk menghapus beberapa file yang sudah tak terpakai. Apabila kalau kamu masih menginginkan file tersebut tidak terhapus, kamu bisa menambahkan slot penyimpanan eksternal. Selain itu, kamu juga bisa memindahkan berbagai file tersebut ke penyimpanan seperti Google Drive.

Itulah beberapa cara mengatasi masalah foto WhatsApp tidak tersimpan pada galeri. Cukup mudah bukan. Selamat mencoba!


(brl/guf)