Begini cara meng-upgrade PC ke Windows 11, periksa terlebih dahulu dukungan perangkat  

Begini cara meng-upgrade PC ke Windows 11, periksa terlebih dahulu dukungan perangkat  

Techno.id - Jika kamu memutuskan ingin memutakhirkan dari Windows 10, ada cara yang bisa kamu lakukan secara gratis, meskipun pembaruan Windows tidak menawarkannya. Namun sebelum melakukannya, kamu harus memeriksa apakah Windows 11 mendukung PC kamu.

Untuk memeriksa apakah Windows 11 secara resmi mendukung perangkat keras PC kamu, unduh dan jalankan aplikasi Microsoft PC Health Check (Pemeriksaan Kesehatan PC Microsoft). Klik tombol Periksa Sekarang dan alat tersebut akan memberi tahu apakah Windows 11 secara resmi mendukung PC kamu.

Begini cara meng-upgrade PC ke Windows 11, periksa terlebih dahulu dukungan perangkat foto: microsoft

Jika tidak, alat tersebut akan memberi informasi tentang alasannya. Jika masalahnya adalah kurangnya TPM 2.0, misalnya, kamu mungkin dapat mengaktifkan TPM 2.0 di firmware UEFI (BIOS) PC kamu.

Kabar baiknya, meskipun PC kamu tidak didukung secara resmi, kamu tetap dapat meningkatkan ke Windows 11. Tetapi Microsoft memperingatkan, kamu mungkin mengalami masalah dan tidak akan menjamin pembaruan Windows di masa mendatang pada perangkat keras kamu.

Cara aman dan lambat pembaruan Windows

Begini cara meng-upgrade PC ke Windows 11, periksa terlebih dahulu dukungan perangkat foto: microsoft

Untuk proses pembaruan yang paling aman, buka Pengaturan > Pembaruan & Keamanan > Pembaruan Windows di PC Windows 10. Kamu dapat menekan Windows + i untuk membuka aplikasi Pengaturan dengan cepat.

Klik tombol Periksa Pembaruan untuk melihat apakah ada pembaruan yang tersedia. Jika menurut Microsoft PC kamu sudah siap untuk Windows 11, kamu akan melihat pesan Windows 11 sudah siap-dan gratis! Klik Unduh dan instal untuk mendapatkannya.

Jika Windows 11 tidak secara resmi mendukung PC kamu, maka kamu tidak akan pernah melihat pembaruan yang ditawarkan melalui Pembaruan Windows. Tapi jangan khawatir, Windows 10 masih akan didukung secara resmi hingga Oktober 2025.

Unduh Windows 11 dengan asisten pembaruan

Begini cara meng-upgrade PC ke Windows 11, periksa terlebih dahulu dukungan perangkat foto: microsoft

Microsoft menawarkan berbagai alat untuk mengunduh Windows 11, termasuk Asisten Pembaruan. Alat ini dirancang agar sangat mudah digunakan. Kunjungi halaman unduh Windows 11 Microsoft (microsoft.com/en-us/software-download/windows11), lalu unduh dan instal Asisten Pembaruan Windows 11. Ini akan memandu kamu melalui semua langkah yang diperlukan.

Buat Drive USB Windows 11 yang dapat di-boot

Kamu juga dapat menggunakan alat pembuatan media untuk membuat USB Windows 11 yang dapat di-boot, atau mengunduh ISO Windows 11 untuk digunakan pada mesin virtual. Jika kamu mengalami masalah, perhatikan bahwa kamu dapat menurunkan versi kembali ke Windows 10 dalam sepuluh hari pertama setelah memutakhirkan.

Jika PC kamu tidak didukung secara resmi

Jika PC kamu tidak didukung secara resmi, dan kamu tetap ingin memutakhirkan, kamu harus bekerja keras untuk mencari tahu alasannya. Ada beberapa cara untuk menginstal Windows 11 pada PC yang tidak didukung.

Dalam beberapa kasus, kamu akan dapat membuat PC didukung secara resmi. Dalam kasus lain, kamu mungkin harus menerima risiko bug dan masalah dengan pembaruan di masa mendatang jika ingin memutakhirkan.

Apakah kamu benar-benar ingin menerima risiko masalah terserah kamu, tetapi direkomendasikan untuk tetap menggunakan PC lama di Windows 10 kecuali kamu antusias untuk memutakhirkannya karena alasan tertentu.

(brl/red)