8 Cara memperbaiki fitur gulir dua jari yang tidak berfungsi di touchpad laptop Windows

8 Cara memperbaiki fitur gulir dua jari yang tidak berfungsi di touchpad laptop Windows

Techno.id - Pengguliran dua jari adalah fitur praktis yang memungkinkan kamu menggerakkan layar ke atas dan ke bawah menggunakan dua jari pada panel sentuh (touchpad) laptop Windows. Fitur ini dapat meningkatkan produktivitas dan menghilangkan upaya fisik yang diperlukan untuk menekan tombol keyboard atau menyeret penggeser gulir secara manual dengan mouse. Namun, terkadang fitur ini dapat mengalami kegagalan fungsi, sama seperti fitur lainnya. Berikut adalah beberapa perbaikan yang dapat kamu terapkan untuk mengatasi masalah tersebut.

1. Pemeriksaan pendahuluan

8 Cara memperbaiki fitur gulir dua jari yang tidak berfungsi di touchpad laptop Windows foto: freepik

Terapkan perbaikan ini sebelum menyelami pemecahan masalah yang serius, karena dapat menyelesaikan masalah dengan cepat.

1. Jika ini pertama kalinya kamu menggunakan fitur gulir dua jari, pastikan menggunakannya dengan benar.

2. Jika masalah ini terjadi di aplikasi tertentu, tutup dan luncurkan kembali.

3. Mulai ulang perangkat kamu untuk mengesampingkan masalah sementara.

4. Jika kamu menggunakan keyboard magnetik dengan panel sentuh, seperti yang terdapat pada model Surface Pro, kamu harus melepaskan dan memasangnya kembali.

5. Demikian pula, jika ada masalah dengan keyboard Bluetooth, putuskan sambungan dan sambungkan kembali.

6. Menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengaktifkan atau memodifikasi gerakan panel sentuh juga dapat menyebabkan masalah. Kamu mungkin harus menginstal ulang aplikasi atau menghapusnya sama sekali. Namun, pengguliran dua jari standar sudah ada di dalam Windows.

Jika pemecahan masalah awal tidak berhasil, masih banyak lagi yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi masalah tersebut.

2. Pastikan fitur gulir dua jari diaktifkan

8 Cara memperbaiki fitur gulir dua jari yang tidak berfungsi di touchpad laptop Windows foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Untuk menggunakan pengguliran dua jari, itu harus diaktifkan di pengaturan perangkat. Jika dinonaktifkan secara tidak sengaja, cukup mengaktifkannya kembali akan berhasil. Ikuti panduan berikut untuk mengaktifkan pengguliran dua jari di Windows.

1. Ketik Pengaturan di Pencarian Windows dan buka aplikasi Pengaturan.

2. Pilih panel sentuh bilah sisi kiri.

3. Klik Gulir dan Perbesar.

4. Centang kotak di samping Seret dua jari untuk menggulir

Ingatlah bahwa jika kamu tidak melihat opsi ini di pengaturan panel sentuh, maka panel sentuh kamu tidak mendukung gerakan ini.

3. Pastikan panel sentuh tidak kotor atau basah

8 Cara memperbaiki fitur gulir dua jari yang tidak berfungsi di touchpad laptop Windows foto: freepik/nalinratphi

Debu atau kotoran yang menempel di panel sentuh perangkat, cairan yang jatuh di atasnya, dan bahkan jari yang kotor atau basah dapat menyebabkan masalah dengan pengguliran dua jari. Dalam hal ini, kamu mungkin juga melihat perilaku mouse yang tidak menentu. Bersihkan panel sentuh dengan kain lembut dan kering sampai kamu menghilangkan kotoran atau noda yang terlihat sudah cukup.

4. Periksa masalah khusus aplikasi

8 Cara memperbaiki fitur gulir dua jari yang tidak berfungsi di touchpad laptop Windows foto: freepik/frolopiaton-palm

Apakah pengguliran dua jari tidak berfungsi dengan aplikasi tertentu? Ini bisa jadi karena aplikasi tidak mendukung fitur ini atau dinonaktifkan di pengaturan aplikasi.

Periksa situs web resmi aplikasi untuk melihat apakah aplikasi tersebut mendukung fitur ini. Jika tidak, kamu mungkin perlu mencari aplikasi alternatif. Jika fitur ini tersedia di aplikasi, cari tahu cara mengaktifkannya. Tergantung pada aplikasinya, itu mungkin tersimpan di menu Pengaturannya. Nyalakan, dan kamu dapat menggulir dengan dua jari.

(brl/red)