Begini cara melindungi ponsel cerdas kamu dari GoldPickaxe, trojan pertama iPhone yang berbahaya

Begini cara melindungi ponsel cerdas kamu dari GoldPickaxe, trojan pertama iPhone yang berbahaya

Techno.id - Sebuah trojan Android bernama Gold Digger muncul tahun lalu. Trojan ini dapat mencuri data biometrik dan lebih banyak lagi dari para korban untuk mengkompromikan rekening bank mereka.

Kini ancaman tersebut berkembang menjadi trojan GoldPickaxe yang dapat menginfeksi iOS dan Android. Menyusul penemuan trojan iOS pertama pada Februari lalu, Apple telah merilis iOS 17.4 yang hadir dengan lebih dari 40 perbaikan keamanan.

Namun, GoldPickaxe bukanlah salah satu kekurangan yang ditambal. Wajar jika banyak pengguna iPhone harus menunggu pada pembaruan respons keamanan cepat atau apakah akan dengan iOS 17.5 atau lebih baru.

Latar belakang trojan iPhone

Begini cara melindungi ponsel cerdas kamu dari GoldPickaxe, trojan pertama iPhone yang berbahaya foto: freepik/daboost

GoldPickaxe ditemukan firma keamanan Group-IB yang meyakini bahwa ini adalah trojan iOS pertama di dunia. Saat dipasang di iPhone, malware dapat mengumpulkan informasi biometrik pengguna dari foto, pesan teks SMS, mencegat aktivitas web, dan banyak lagi. Dalam beberapa kasus, korban dihubungi pelaku kejahatan yang menyamar sebagai perwakilan bank untuk meminta informasi seperti gambar KTP. Dengan alat berbasis AI, pelaku ancaman kemudian dapat meretas rekening bank pengguna.

Yang menjadi target

Begini cara melindungi ponsel cerdas kamu dari GoldPickaxe, trojan pertama iPhone yang berbahaya foto: freepik

Untuk saat ini, trojan iPhone GoldPickaxe telah menargetkan pengguna di Vietnam dan Thailand dengan meniru lebih dari 50 aplikasi dari lembaga keuangan. Namun, Group-IB mengatakan bahwa trojan iOS/Android GoldPickaxe dan trojan GoldDigger dan GoldKefu sebelumnya sedang dalam tahap evolusi aktif jadi penting untuk tetap waspada.

(brl/red)