Android sudah seperti iPhone, bisa kirim file tanpa koneksi bluetooth, kabel, maupun aplikasi lainnya

Android sudah seperti iPhone, bisa kirim file tanpa koneksi bluetooth, kabel, maupun aplikasi lainnya

Techno.id - Android sudah seperti iPhone. Pasti bagi kamu pengguna Android tidak setuju bukan? Apalagi sobat yang HP nya berlogo apel tersebut, tentu tidak terima jika disamakan. Namun, kamu pasti akan terdiam jika menemukan fakta fitur menarik di Android ini.

Dimulai dari salah satu fitur iPhone dulu, ya sob. Ponsel buatan Apple ini mempunyai fitur bernama AirDrop. Fitur Airdrop adalah sebuah layanan nirkabel pada iPhone yang memungkinkan pengguna untuk berbagi berbagai macam jenis file seperti foto, video, kontak, dokumen, dan lain sebagainya dengan pengguna lain yang berdekatan dan memiliki perangkat Apple yang mendukung fitur ini. Artinya sesama perangkat Apple dapat saling menerima dan mengirim file tanpa perlu terkoneksi melalui bluetooth, kabel, maupun jaringan internet.

Nah, fitur seperti Airdrop tersebut bisa diterapkan di sebuah ponsel Android. Ya, bagi pengguna Android bisa mengirimkan maupun menerima file tanpa harus terkoneksi melalui kabel, bluetooth maupun jaringan internet. Pasalnya Google secara resmi merilis fitur Nearby Share.

Nearby Share adalah fitur baru bentukan Google yang dibuat untuk pengguna Android. Fitur ini mempunyai skema mirip seperti AirDrop milik Apple. Melalui fitur ini, pengguna bisa berbagi foto maupun dokumen ke sesama HP Android di sekitarnya. Bahkan dapat menerima file dari perangkat Windows terdekat.

Melalui Nearby Share, pengguna Android dapat berbagi tautan secara lebih mudah serta efisien. Apalagi Google membuat fitur ini agar dapat mempertahankan kualitas dari foto agar tetap baik, dibanding harus mengirimkannya melalui aplikasi ataupun internet.

Melansir dari laman blog resmi Google, Nearby Share Beta untuk Windows dapat memudahkan pengguna dalam memindahkan gambar, video dan kontan lain antara perangkat Android dan PC Windows tanpa harus menyimpannya di Cloud. Aplikasi ini tersedia untuk diunduh melalui situs web Android dan kompatibel dengan PC berbasis Windows 10 versi 64-bit ke atas. Selain itu, proses transfer data dapat berhasil apabila jarak antar perangkat maksimal hanya 5 meter.

Aplikasi Nearby Share bisa berfungsi untuk perangkat yang mengaktifkan platform yang sama, berdekatan dengan pengirim, fitur tidak terkunci, dan terkoneksi dengan Akun Google. Jika syarat tersebut terpenuhi, apa pun yang pengguna bagikan akan langsung dikirim ke perangkat lain, tetapi mereka harus mengonfirmasi untuk dapat menerimanya.

Kendati demikian, peluang untuk orang asing dapat mengirimkan file random ke perangkat pengguna menjadi kekhawatiran tersendiri. Oleh karena itu, pengguna dapat mengatur agar visibilitas pilihan untuk Nearby Share di Windows khusus kontak, seperti di aplikasi Android.

Lantas seperti apa cara menggunakan platform Nearby Share dari Google ini? Berikut techno.id sajikan langkah-langkah yang dihimpun dari berbagai sumber, pada Rabu (5/4).


(brl/guf)