Alasan fitur pengisian daya adaptif bisa menghemat baterai smartphone Android dan cara mengaktifkannya

Alasan fitur pengisian daya adaptif bisa menghemat baterai smartphone Android dan cara mengaktifkannya

Techno.id - Daya tahan baterai yang buruk sering membuat jengkel pengguna smartphone karena harus sering diisi daya. Tentu saja kondisi ini membuat pengguna tidak nyaman. Setidaknya mereka harus selalu membawa power bank untuk mengantisipasi baterai tiba-tiba drop sementara jauh dari sumber listrik.

Tak bisa dipungkiri jika baterai akan menurun seiring waktu. Daya tahan baterai akan menjadi lebih buruk jika kamu menggunakan ponsel dalam waktu yang lama. Hal ini disebabkan kesehatan baterai. Seiring bertambahnya usia, baterai akan kehilangan sebagian kapasitasnya dan tidak akan bertahan lama saat diisi ulang.

Karena itu menjaga ponsel tetap terisi daya pada kisaran 20-80% adalah yang terbaik untuk baterai, tetapi dalam praktiknya tidak selalu realistis. Bisanya banyak pengguna mengisi daya smartphone mereka semalaman.

Namun saat ini hampir di semua smartphone memiliki fitur Pengisian Daya Adaptif. Fitur ini disematkan di smartphone untuk membantu masalah daya tahan baterai.

Alasan fitur pengisian daya adaptif bisa menghemat baterai smartphone Android dan cara mengaktifkannya foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Membiarkan baterai terisi di kisaran 20-80% adalah opsi yang ideal. Tetapi cara itu sulit dilakukan ketika kamu terus mencolokkan ponsel selama beberapa jam setiap malam. Di sinilah fungsi Pengisian Daya Adaptif yang bertujuan untuk mengatasi hal tersebut dengan cara yang cerdas.

Pengisian Daya Adaptif menjaga baterai tetap pada kondisi baterai terisi 80% hampir sepanjang malam. Kemudian tepat sebelum kamu bangun, baterai akan terisi penuh hingga 100%. Itu berarti kamu menghindari siklus konstan antara 99-100% sepanjang malam.

Secara umum, Pengisian Daya Adaptif adalah tambahan modern yang berguna untuk ponsel pintar Android. Kamu harus tetap mengaktifkannya jika tidak ingin baterai kamu bermasalah.

Cara mengaktifkan Pengisian Daya Adaptif pada perangkat Samsung

1. Buka Pengaturan

2. Pilih fitur Perawatan perangkat dan baterai

3. Pada tab selanjutnya pilih Baterai

4. Gulir ke bawah pilih Pengaturan baterai selanjutnya

5. Aktifkansakelar Baterai adaptif

(brl/red)