9 Tips merawat powerbank agar awet, jangan isi ulang daya lalu ditinggal tidur

9 Tips merawat powerbank agar awet, jangan isi ulang daya lalu ditinggal tidur

-

2. Isi ulang baterai saat kondisi daya powerbank hampir habis (low)

9 Tips merawat powerbank agar awet, jangan isi ulang daya lalu ditinggal tidur (Foto: Freepik/rawpixel.com)

Umumnya powerbank memiliki indikator kapasitas baterai. Yang umum digunakan adalah deretan lampu led. Saat ini ada juga yang sudah menggunakan angka digital. Nah sebaiknya kamu isi ulang saat kondisi baterai powerbank hampir habis.

Jika indikatornya berupa 4 lampu led, maka sebaiknya kamu mengisi ulang saat lampu tersebut menyala satu titik. Biasanya, jika akan benar-benar habis, maka lampu tersebut akan berkedip. Usahakan kamu mengisi daya saat lampu led menyala satu titik. Jangan biarkan daya powerbank kosong sama sekali.

Sebab, jika dalam keadaan kosong maka baterai akan bekerja lebih berat untuk menarik daya dari sumber listrik. Selain itu pengisian juga akan lebih lama. Jika lampu led di powerbank masih menyala 2 titik, itu artinya daya listrik di dalamnya masih separuh. Jangan buru-buru mengisi ulang daya dari sumber listrik PLN. Hal ini untuk membuat baterai powerbank awet dan memperpanjang masa pakai baterai.

3. Isi ulang daya sampai penuh

9 Tips merawat powerbank agar awet, jangan isi ulang daya lalu ditinggal tidur (Foto: Freepik/pvproductions)

Usahakan untuk mengisi ulang daya baterai powerbank sampai penuh. Hal ini untuk menghindari agar kamu tak terlalu sering mengisi ulang powerbank. Tujuannya jelas untuk merawat daya tahan baterai. Jika lampu indikator menunjukkan penuh (full) sebaiknya segera dicabut dari sumber listrik PLN.

4. Hindari over charging

9 Tips merawat powerbank agar awet, jangan isi ulang daya lalu ditinggal tidur (Foto: Freepik/alekcuophoto)

Nah hal ini umumnya menjadi kebiasaan banyak orang. Seringkali meninggalkan powerbank terlalu lama saat diisi ulang. Biasanya sering dilakukan malam hari. Mengisi daya powerbank lalu ditinggal tidur.

Perlu diketahui, tidak semua powerbank memiliki fitur perlindungan beban berlebih. Jika mengisi ulang powerbank terlalu lama bisa menyebabkan over charging yang berdampak pada usia baterai.

Kebiasaan ini bisa menyebabkan baterai cepat rusak sehingga masa pakai powerbank berkurang. Karena itu selalu perhatikan indikator daya powerbank. Jika seluruh lampu led sudah menyala atau angka indikator menunjukkan 100%, segera hentikan pengisian daya.

5. Hindari menghubungkan perangkat mobile saat mengisi ulang

9 Tips merawat powerbank agar awet, jangan isi ulang daya lalu ditinggal tidur (Foto: Freepik/pvproductions)

Hindari menghubungkan powerbank ke perangkat kamu seperti smartphone saat mengisi ulang daya. Cara ini bisa berakibat fatal lho. Bisa merusak baterai powerbank sekaligus perangkat kamu. Sebab, jika menggunakan smartphone saat mengisi daya, arus listrik yang dihasilkan menjadi tidak stabil. Efek baterai pada power bank sangat tidak berguna dan akan cepat habis.

(brl/red)