9 Tips merawat powerbank agar awet, jangan isi ulang daya lalu ditinggal tidur

9 Tips merawat powerbank agar awet, jangan isi ulang daya lalu ditinggal tidur

-

6. Hindari tempat panas

9 Tips merawat powerbank agar awet, jangan isi ulang daya lalu ditinggal tidur (Foto: Freepik/simonova1407)

Saat menggunakan atau mengisi daya power bank, hindari tempat panas. Sebab dapat menyebabkan permukaan powerbank panas. Hal ini dapat bisa mengakibatkan panas berlebih pada powerbank. Dampaknya bisa cepat merusak baterai powerbank.

7. Hindari benturan

9 Tips merawat powerbank agar awet, jangan isi ulang daya lalu ditinggal tidur (Foto: Freepik/fabrikasimf)

Meski power bank dilengkapi bodi logam atau plastik yang kuat, namun desain powerbanktidak dirancanguntukmenahan benturan. Sebab, benturan dapat menyebabkan komponen internal seperti baterai dan rangkaian elektronik di dalamnya, termasuk port USB untuk output bergeser atau longgar.

8. Rajin bersihkan powerbank

9 Tips merawat powerbank agar awet, jangan isi ulang daya lalu ditinggal tidur (Foto: Freepik/fabrikasimf)

Meski sebagai sumber daya cadangan, powerbank juga perlu dirawat dengan baik agar saat digunakan tetap prima. Selain membuat tampilan powerbank tetap bersih, perawatan juga dapat mempertahankan usia pemakaian. Cara membersihkannya juga cukup mudah.

Untuk bagian permukaan, cukup dibersihkan dengan tisu basah yang mengandung alkohol. Hal ini untuk mengangkat kotoran yang menempel. Sementara untuk port USB output bisa menggunakan cotton bud. Bersihkan secara perlahan. Satu hal yang nggak kalah penting, hindari powerbank dari cairan karena bisa menyebabkan korsleting.

9. Jauhkan dari perangkat elektronik

9 Tips merawat powerbank agar awet, jangan isi ulang daya lalu ditinggal tidur (Foto: Freepik/xb100)

Meski terlihat sepele, powerbank akan selalu lebih awet jika dijauhkan dari perangkat elektronik seperti TV, kulkas, dan benda elektronik lainnya. Perangkat elektronik dapat memancarkan gelombang magnet, yang tentunya tidak baik untuk power bank. Hal tersebut bisa cepat merusak powerbank.

(brl/red)