9 Cara mengisi baterai dengan benar, hindari menambah beban parasit saat ponsel sedang di-charge

9 Cara mengisi baterai dengan benar, hindari menambah beban parasit saat ponsel sedang di-charge

Techno.id - Mengapa baterai ponsel semakin buruk dari waktu ke waktu? Masalah ini bisa disebabkan beberapa faktor. Sebagian karena cara kamu menggunakan ponsel, aplikasi yang diinstal, sampah yang dikumpulkan, penyesuaian yang dibuat, dan semakin banyak notifikasi yang kamu terima, akan semakin membebani baterai.

Baterai ponsel, seperti semua baterai, mengalami penurunan seiring waktu, yang berarti baterai tersebut semakin tidak mampu menahan jumlah daya yang sama. Meskipun seharusnya memiliki masa pakai antara tiga dan lima tahun, atau antara 500 dan 1.000 siklus pengisian daya, baterai ponsel biasanya akan berusia tiga tahun.

Sebagai informasi, ada tiga faktor yang membuat baterai lithium-ion aus yakni jumlah siklus pengisian daya, suhu, dan usia. Namun dengan praktik perawatan baterai terbaik, kamu dapat menjaga kesehatan baterai ponsel cerdas lebih lama. Berikut beberapa cara mengisi daya smartphone dengan benar untuk memperpanjang usia pakai baterai.

1. Perhatikan siklus pengisian daya baterai

9 Cara mengisi baterai dengan benar, hindari menambah beban parasit saat ponsel sedang di-charge foto: freepik/doomu

Siklus hidup baterai ponsel lithium-ion diukur dalam siklus pengisian daya. Baterai baru biasanya akan bertahan antara 300 dan 500 siklus pengisian daya atau mungkin hanya dua tahun jika kamu tidak berhati-hati dengan kebiasaan pengisian daya.

Kapasitas baterai pasti akan berkurang semakin banyak diisi. Untungnya, ada cara untuk memperlambat kecepatan siklus ini. Satu siklus pengisian penuh dihitung saat kamu telah menghabiskan 100% kapasitas baterai.

Jika kamu menggunakan 60% dari kapasitas baterai suatu hari dan kemudian mengisinya kembali sepenuhnya dalam semalam, diikuti dengan menggunakan 40% keesokan harinya, kamu akan menghabiskan total 100%.

2. Waktu mengisi daya ponsel

9 Cara mengisi baterai dengan benar, hindari menambah beban parasit saat ponsel sedang di-charge foto: freepik/sersoll

Cara terbaik menjaga pengisian daya baterai adalah antara 30% dan 90% hampir sepanjang waktu. Isi ulang saat turun di bawah 50%, tetapi cabut sebelum mencapai 100%. Mendorong pengisian terakhir dari 80-100% menyebabkan baterai lithium-ion menua lebih cepat.

3. Hindari mengisi daya baterai ponsel hingga 100%

9 Cara mengisi baterai dengan benar, hindari menambah beban parasit saat ponsel sedang di-charge foto: freepik/mego-studio

Beberapa orang menyarankan agar kamu melakukan pengisian ulang baterai nol hingga 100% penuh (siklus pengisian daya) sebulan sekali-karena ini mengkalibrasi ulang baterai, yang mirip dengan me-restart komputer. Namun untuk menjaga masa pakai baterai jangka panjang tetap sehat, pengisian daya yang sering dan kecil lebih baik daripada pengisian penuh. Artinya, hindari terlalu sering mengisi daya hingga 100%.

4. Gunakan fitur pengisian Daya Baterai yang Dioptimalkan

9 Cara mengisi baterai dengan benar, hindari menambah beban parasit saat ponsel sedang di-charge foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Pada perangkat iPhone terdapat fitur Daya Baterai yang Dioptimalkan. Fitur ini dirancang untuk mengurangi keausan pada baterai dan meningkatkan masa pakainya dengan mengurangi waktu yang dihabiskan iPhone untuk terisi penuh.

Saat fitur ini diaktifkan, iPhone akan menunda pengisian daya hingga melewati 80% dalam situasi tertentu, bergantung pada Layanan Lokasi yang memberi tahu ponsel saat berada di rumah atau kantor.

Pengguna iPhone 15 disarankan untuk menggunakan pengaturan Pengoptimalan Pengisian Daya baru Apple yang membatasi pengisian daya iPhone hingga 80% untuk mengurangi keausan baterai.

5. Hindari mengisi daya ponsel semalaman

9 Cara mengisi baterai dengan benar, hindari menambah beban parasit saat ponsel sedang di-charge foto: freepik/jero sennegs

Sebaiknya kamu menghindari mengisi daya semalaman. Meskipun sebagian besar ponsel cerdas modern memiliki sensor internal untuk mematikan pengisian daya saat mencapai 100%, namun jika masih dihidupkan, daya baterai akan hilang dalam jumlah kecil saat tidak digunakan. Cara ini juga dapat memanaskan ponsel, yang juga berdampak buruk pada baterai. Jadi, mengisi daya di siang hari lebih baik daripada mengisi daya di malam hari.

(brl/red)