8 Hal yang perlu kamu lakukan setelah instal Windows 11, penggunaan jadi lebih optimal

8 Hal yang perlu kamu lakukan setelah instal Windows 11, penggunaan jadi lebih optimal

Techno.id - Jika kalian membeli laptop baru, kemungkinan besar pada perangkat tersebut sudah terinstall Windows 11. Maklum, Windows 11 umumnya sudah menjadi software pre-installed di beberapa model laptop. Windows 11 merupakan versi terbaru sistem operasi Windows yang memiliki banyak fitur.

Sistem operasi yang rilis pada Oktober 2021 ini hadir dengan ubahan dan fitur baru. Karena itu, perlu sedikit pembiasaan jika kalian merupakan pengguna baru Windows 11. Beberapa dari kalian mungkin harus melakukan sedikit penyesuaian untuk kebutuhan atau selera sesuai preferensi kamu.

Walaupun setiap orang memiliki kebutuhan dan selera yang berbeda, berikut 8 hal yang perlu kamu lakukan setelah install Windows 11 untuk membuat penggunaan menjadi lebih optimal.

1. Mengaktifkan fitur Clipboard History

8 Hal yang perlu kamu lakukan setelah instal Windows 11, penggunaan jadi lebih optimal (Foto: windowscentral.com)

Kalian tentunya sudah akrab menggunakan fungsi copy dan paste. Fungsi ini sangat berguna, terutama untuk memindahkan teks atau file dari satu tempat ke tempat lain. Tapi, ada satu fitur di Windows 11 yang memungkinkan menjalankan fungsi copy and paste secara lanjut. Fitur tersebut bernama clipboard history.

Pernah melihat tulisan, copy to clipboard? Clipboard history menyimpan segala hal yang kalian copy sebelumnya. Clipboard history juga akan secara otomatis 'melupakan' segala hal yang kamu copy saat kamu mematikan laptop.

Berikut cara untuk mengaktifkannya

  1. Masuk ke menu settings dengan menekan Win + I pada keyboard
  2. Pada System, scroll kebawah sampai kalian menemukan pengaturan Clipboard
  3. Aktifkan Clipboard History dengan menekan Toggle Switch yang terletak di sebelah kanan. Untuk mengaktifkan Clipboard History, kamu bisa menekan Win + V. Clipboard History akan muncul di pojok kanan bawah layar kalian.

2.Mengaktifkan fitur dark mode

8 Hal yang perlu kamu lakukan setelah instal Windows 11, penggunaan jadi lebih optimal (Foto:Youtube/LearningProgrammingTutorial)

Fitur dark mode menjadi sebuah kewajiban pada pengembangan aplikasi saat ini. Dark mode dipercaya dapat mengurangi kelelahan mata akibat terlalu lama melihat monitor. Dark mode juga dipercaya dapat sedikit menghemat baterai laptop yang secara jangka panjang berpengaruh terhadap daya tahan baterai.

Magang : Nabiel Mumtaz

(brl/red)