8 Cara merawat kesehatan baterai iPhone, hindari nomor 2 yang paling sering dilakukan

8 Cara merawat kesehatan baterai iPhone, hindari nomor 2 yang paling sering dilakukan

Techno.id - iPhone adalah perangkat yang cukup tangguh. Tetapi seperti banyak perangkat elektronik lainnya, iPhone memerlukan perawatan untuk memastikannya berfungsi dengan baik. Karena itu sangat penting untuk menjaga baterai iPhone tetap optimal.

Meskipun performa baterai iPhone akan menurun seiring waktu, namun kamu dapat melakukan tindakan tertentu untuk memperpanjang umur perangkat. Salah satu bagian iPhone yang paling sering rusak terlebih dahulu adalah baterainya. Jika kamu mengabaikan perawatan, baterai mungkin akan berhenti berfungsi sama sekali, bahkan saat dicolokkan.

Tidak ada cara untuk menjamin berapa lama baterai iPhone akan bertahan, karena banyak faktor yang memengaruhi kesehatannya. Namun, jika kamu ingin menggunakan perangkat selama mungkin, berikut adalah beberapa tips untuk menjaga kesehatan baterai iPhone.

1. Matikan fitur yang tidak digunakan

8 Cara merawat kesehatan baterai iPhone, hindari nomor 2 yang paling sering dilakukan foto: freepik

Untuk menggunakan lebih sedikit siklus pengisian daya dan menjaga kesehatan baterai iPhone, kamu harus mematikan fitur apa pun yang tidak benar-benar diperlukan. Cara ini dapat mencakup fitur yang haus daya seperti Penyegaran Aplikasi Latar Belakang, Bluetooth, Pengaturan Lokasi, dan pemberitahuan push email, yang semuanya dapat kamu temukan di menu Pengaturan.

Ini hanyalah salah satu cara kamu dapat menghemat masa pakai baterai di iPhone untuk mendapatkan hasil maksimal dari pengisian daya baterai penuh. Kamu juga dapat mengurangi kecerahan iPhone, mengaktifkan lebih sedikit notifikasi agar tidak membangunkan Layar Kunci sepanjang waktu, dan mematikan layar selalu aktif jika iPhone kamu memiliki fitur ini.

2. Jangan biarkan iPhone terisi daya semalaman

8 Cara merawat kesehatan baterai iPhone, hindari nomor 2 yang paling sering dilakukan foto: freepik/rawpixel.com

Banyak orang mengisi daya ponsel mereka dalam semalam karena ini adalah pilihan yang paling nyaman. Namun, mengisi daya ponsel dalam semalam bisa menjadi hal yang buruk karena pengisian daya iPhone yang berlebihan seperti ini dapat mengakibatkan baterai rusak dan mengurangi masa pakai ponsel.

Pengisian daya yang berlebihan sering merusak baterai karena memaksa lebih banyak arus ke dalam sel yang sudah penuh daripada yang dirancang untuk menahannya. Ini juga berarti iPhone menghabiskan sebagian besar malamnya dengan daya 100%, yang berdampak buruk bagi kesehatan baterainya.

Untungnya, ada fitur pengisian daya baterai bawaan yang dioptimalkan untuk membantu menjaga kesehatan baterai iPhone. Kamu dapat mengaktifkannya dengan masuk ke Pengaturan > Baterai > Kesehatan & Pengisian Baterai dan mengaktifkan Pengisian Daya Baterai yang Dioptimalkan.

Jika kamu mematikan daya ponsel pada waktu yang hampir bersamaan setiap hari, iPhone akan mempelajari pola ini dan menghindari pengisian daya hingga 100% hingga tepat saat kamu membutuhkannya.

3. Hindari memaksimalkan siklus pengisian daya

8 Cara merawat kesehatan baterai iPhone, hindari nomor 2 yang paling sering dilakukan foto: freepik/rawpixel.com

Menurut Apple, setelah sekitar 500 siklus pengisian daya, iPhone hanya mempertahankan hingga 80% dari kapasitas baterai aslinya. Kamu melewati siklus pengisian daya saat menghabiskan 100% baterai iPhone. Misalnya, kamu menghabiskan 50% kemarin dan 50% lainnya hari ini.

Jadi, secara umum, semakin sedikit kamu menggunakan iPhone, semakin sedikit siklus pengisian daya yang kamu lalui dan semakin lama baterai akan bertahan. Kamu dapat memeriksa berapa banyak siklus baterai yang telah dilalui iPhone bahkan tanpa menggunakan aplikasi.

Selain itu, menjaga perangkat tetap terisi penuh atau benar-benar terkuras dapat berdampak negatif pada kesehatan baterai iPhone. Untuk alasan ini, kamu harus berusaha menjaga baterai perangkat Anda antara 40% dan 80% sebanyak mungkin untuk menjaga kesehatan baterai.

4. Jangan biarkan mati total terlalu lama

8 Cara merawat kesehatan baterai iPhone, hindari nomor 2 yang paling sering dilakukan foto: freepik/nensuria

Sel baterai yang membentuk baterai lithium-ion memiliki masa pakai yang terbatas. Artinya kamu harus menjaga baterai iPhone. Salah satu pembunuh terbesar baterai ponsel cerdas adalah membiarkannya mati total. Karena ketika sel baterai habis dan dibiarkan seperti itu untuk waktu yang lama, sel tersebut dapat memasuki kondisi pengosongan yang dalam dan tidak akan pernah berfungsi lagi.

Untungnya, baterai iPhone masih menyimpan daya cadangan meskipun dimatikan untuk menghindari masalah ini. Tetapi jika iPhone kamu mati, kamu harus ingat untuk mengisi dayanya kembali sesegera mungkin. Untuk menghindarinya, manfaatkan mode Daya Rendah iPhone saat baterai berada pada 20% atau lebih rendah untuk memperpanjang masa pakai baterainya hingga kamu dapat mengisi daya kembali.

(brl/red)