7 Tips untuk menghemat masa pakai baterai iPhone, nomor 2 wajib dilakukan agar baterai lebih awet

7 Tips untuk menghemat masa pakai baterai iPhone, nomor 2 wajib dilakukan agar baterai lebih awet

Techno.id - Semua orang berharap baterai iPhone mereka bertahan lebih lama. Sementara hingga saat ini belum ada terobosan dalam teknologi baterai. Kendati begitu ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menghemat daya dan memaksimalkan masa pakai baterai iPhone.

1. Pastikan pengisian daya baterai yang Dioptimalkan diaktifkan

7 Tips untuk menghemat masa pakai baterai iPhone, nomor 2 wajib dilakukan agar baterai lebih awet foto: tangkapan layar/techno.id.yani andriyansyah

Sejak pembaruan iOS 13, Apple memperkenalkan fitur baru yang dirancang untuk melindungi baterai dengan membatasi pengisian totalnya. Fitur Pengisian daya yang dioptimalkan ini seharusnya diaktifkan secara default. Tetapi kamu dapat memeriksa ulang dengan membuka Pengaturan > Baterai > Kesehatan Baterai.

Sel lithium-ion, seperti yang digunakan iPhone, mengalami penurunan saat diisi dayanya hingga mencapai kapasitasnya. iOS akan memeriksa kebiasaan kamu dan membatasi pengisian daya hingga sekitar 80 persen. Membatasi berapa lama baterai dihabiskan dengan kapasitas lebih dari 80 persen akan membantu memperpanjang masa pakainya.

2. Identifikasi dan hapus aplikasi penguras baterai

7 Tips untuk menghemat masa pakai baterai iPhone, nomor 2 wajib dilakukan agar baterai lebih awet foto: techno.id.yani andriyansyah

Jika kamu ingin tahu ke mana arah semua daya baterai, buka Pengaturan > Baterai dan lihat daftar aplikasi di bagian bawah layar. Di sini, kamu dapat melihat penggunaan baterai setiap aplikasi selama 24 jam atau 10 hari terakhir.

Gunakan daftar ini untuk meningkatkan kebiasaan kamu dengan mengidentifikasi aplikasi mana yang menggunakan lebih banyak daya baterai. Jika ada aplikasi atau game tertentu yang sangat menguras baterai, kamu dapat membatasi penggunaan, hanya menggunakannya saat tersambung ke pengisi daya, atau bahkan menghapusnya.

Sebut saja Facebook, dikenal sebagai aplikasi penguras baterai cukup besar. Dengan menghapusnya mungkin akan memberikan penghematan besar untuk masa pakai baterai iPhone. Juika kamu tidak ingin menghapusnya, mungkin bisa dipertimbangkan menggunakan versi lite.

3. Batasi notifikasi yang masuk

7 Tips untuk menghemat masa pakai baterai iPhone, nomor 2 wajib dilakukan agar baterai lebih awet foto: unsplash/screen-post

Semakin banyak iPhone berinteraksi dengan internet, terutama melalui jaringan selular, maka semakin banyak masa pakai baterai yang terkuras. Setiap kali kamu menerima permintaan push atau notifikasi, iPhone harus mengakses internet, mengunduhnya, membangunkan layar, menggetarkan iPhone, dan bahkan mungkin mengeluarkan suara.

Buka Pengaturan > Pemberitahuan dan matikan apa pun yang tidak kamu perlukan. Jika kamu memeriksa Facebook atau X (Twitter) 15 kali sehari, kamu mungkin tidak memerlukan pemberitahuan secara keseluruhan. Sebagian besar aplikasi media sosial memungkinkan kamu mengubah preferensi notifikasi dalam aplikasi dan mengurangi frekuensinya.

Kamu bahkan dapat melakukannya secara bertahap. Ketuk dan tahan pemberitahuan apa pun yang kamu terima hingga melihat elipsis (. . .) di pojok kanan atas kotak notifikasi. Ketuk ini dan kamu dapat dengan cepat mengubah pengaturan notifikasi untuk aplikasi tersebut. Sangat mudah untuk membiasakan diri dengan notifikasi yang tidak kamu perlukan, tetapi sekarang juga mudah untuk menghilangkannya.

Dalam kasus seperti Facebook, yang mungkin menggunakan sebagian besar daya iPhone, kamu dapat mencoba menonaktifkan notifikasi sama sekali. Pilihan lain, sekali lagi, adalah menghapus aplikasi Facebook dan menggunakan versi web sebagai gantinya, melalui Safari atau browser lain atau menggunakan versi lite.

4. Punya iPhone OLED? gunakan mode gelap

7 Tips untuk menghemat masa pakai baterai iPhone, nomor 2 wajib dilakukan agar baterai lebih awet foto: tangkapan layar/techno.id.yani andriyansyah

Layar OLED menciptakan cahayanya sendiri daripada mengandalkan lampu latar. Ini berarti konsumsi dayanya bervariasi berdasarkan apa yang ditampilkan di layar. Dengan memilih warna yang lebih gelap, kamu dapat mengurangi jumlah daya yang digunakan perangkat secara dramatis. Fitur ini hanya berfungsi dengan model iPhone tertentu yang memiliki layar Super Retina.

Jika mengaktifkan mode gelap dengan membuka Pengaturan > Tampilan, kamu dapat menghemat sekitar 30 persen daya baterai menurut satu pengujian. Pilih latar belakang hitam untuk hasil terbaik, karena model OLED meniru warna hitam dengan mematikan bagian layar sepenuhnya.

(brl/red)