6 Tips dan trik mudah menjaga kesehatan baterai iPhone, jangan biarkan mati total terlalu lama

6 Tips dan trik mudah menjaga kesehatan baterai iPhone, jangan biarkan mati total terlalu lama

Techno.id - Setiap smartphone termasuk iPhone memerlukan perawatan untuk memastikan fungsinya berjalan dengan baik. Salah satu perawatan yang cukup penting adalah menjaga kesehatan baterainya.

Meski semua iPhone akan mengalami penurunan kualitas seiring waktu, kamu dapat melakukan beberapa tindakan tertentu untuk memperpanjang umur perangkat. Salah satu bagian iPhone yang paling umum rusak pertama kali adalah baterai. Jika kamu lalai merawat baterai iPhone, baterai bisa saja berhenti berfungsi sama sekali.

Tidak ada cara untuk menjamin berapa lama baterai iPhone akan bertahan, karena banyak faktor yang memengaruhi kesehatannya. Namun, jika kamu ingin menggunakan perangkat selama mungkin, berikut adalah beberapa tips untuk menjaga kesehatan baterai iPhone.

1. Hindari memaksimalkan siklus pengisian daya

6 Tips dan trik mudah menjaga kesehatan baterai iPhone, jangan biarkan mati total terlalu lama foto: freepik/lashkhidzetim

Menurut Apple, setelah sekitar 500 siklus pengisian daya, iPhone hanya mempertahankan hingga 80% dari kapasitas baterai aslinya. Jadi, secara umum, semakin jarang kamu menggunakan iPhone, semakin sedikit siklus pengisian daya yang kamu lalui dan semakin lama baterai akan bertahan.

Selain itu, membiarkan perangkat terisi penuh atau benar-benar habis dapat berdampak negatif pada kesehatan baterai iPhone. Untuk alasan ini, kamu harus menjaga perangkat dengan daya baterai antara 40% dan 80% untuk menjaga kesehatan baterai iPhone.

2. Matikan fitur yang tidak digunakan

6 Tips dan trik mudah menjaga kesehatan baterai iPhone, jangan biarkan mati total terlalu lama foto: freepik/grinvalds

Untuk menggunakan lebih sedikit siklus pengisian daya dan menjaga kesehatan baterai iPhone, kamu harus mematikan fitur apa pun yang tidak benar-benar diperlukan. Cara ini dapat mencakup fitur-fitur yang boros daya seperti Penyegaran Aplikasi Latar Belakang, Bluetooth, Pengaturan Lokasi, dan pemberitahuan push, yang semuanya dapat kamu temukan di aplikasi Pengaturan.

Ini hanyalah salah satu cara untuk menghemat daya tahan baterai iPhone untuk mendapatkan hasil maksimal dari pengisian daya baterai penuh. Kamu juga dapat mengurangi kecerahan iPhone, mengaktifkan lebih sedikit notifikasi agar tidak membangunkan Layar Kunci sepanjang waktu, dan mematikan tampilan selalu aktif jika iPhone kamu memiliki fitur ini.

3. Jangan biarkan iPhone mati total terlalu lama

6 Tips dan trik mudah menjaga kesehatan baterai iPhone, jangan biarkan mati total terlalu lama foto: unsplash/andreas haslinger

Sel-sel baterai yang membentuk baterai lithium-ion memiliki masa pakai yang terbatas. Artinya, kamu harus menjaga baterai iPhone. Salah satu pembunuh terbesar baterai ponsel pintar adalah membiarkannya mati total.

Sebab, ketika sel baterai habis dan dibiarkan seperti itu untuk waktu yang lama, baterai dapat memasuki kondisi kosong dan tidak akan berfungsi lagi. Untungnya, baterai iPhone masih menyimpan cadangan daya bahkan ketika dimatikan untuk menghindari masalah ini. Tetapi jika iPhone mati, kamu harus ingat untuk mengisi daya lagi sesegera mungkin.

Manfaatkan mode Daya Rendah iPhone saat baterai berada pada 20% atau lebih rendah untuk memperpanjang masa pakai baterai hingga kamu menemukan stopkontak.

(brl/red)