Biznet berantas pelanggan nakal yang memanfaatkan praktik curang RT/RW Net dengan menerapkan FUP

Biznet berantas pelanggan nakal yang memanfaatkan praktik curang RT/RW Net dengan menerapkan FUP

Techno.id - Biznet, penyedia layanan internet kabel mampu mengatasi penyalahgunaan layanan di tingkat RT/RW atau yang kerap disebut "RT/RW Net". Praktik curang ini biasanya dilakukan pelanggan "nakal" yang menjual kembali layanan internet milik Biznet kepada masyarakat sekitar.

Dengan menerapkan aturan Fair Usage Policy (FUP), Biznet bisa memberantas pelanggan nakal tersebut. Menurut VP Marketing Biznet, Rian Surachman kepada wartawan belum lama ini, pelanggan Biznet yang melakukan praktik RT/RW Net ini jumlahnya sekitar 10 persen dari total pelanggan.

"Pemakaian yang seharusnya untuk satu rumah, ini disebarluaskan untuk beberapa rumah. Otomatis kualitas menurun," ujar Rian.

Namun kini setelah Biznet mengambil langkah dengan kebijakan batas pemakaian wajar (FUP), jumlah pelanggan nakal tersebut menurun. Terbukti kini praktik RT/RW Net tidak lagi terdeteksi.

"Bertahap berkurang, mulai ketahuan. Orangnya mulai menghilang. RT/RW Net itu cukup sedikit di bawah 10 persen kurang lebih," lanjut Rian yang menjelaskan penerapan kebijakan FUP merupakan tahap awal.

Kendati begitu, kebijakan FUP tidak menurunkan jumlah pelanggan. Sebaliknya, kebijakan ini justru bakal menambah jumlah pelanggan karena mereka yang tadinya menikmati RT/RW Net kini harus berlangganan mandiri bila ingin memakai layanan Biznet.

Strategi gaet pelanggan

Biznet berantas pelanggan nakal yang memanfaatkan praktik curang RT/RW Net dengan menerapkan FUP foto: biznet

Sebagai informasi, saat ini pelanggan Biznet mencapai 656.000 subscriber. Ditargetkan jumlahnya tahun ini akan ada kenaikan sekitar 30 persen dari 2023 menjadi 850.000 subscriber. Nah untuk meningkatkan jumlah pelanggan, Biznet baru-baru ini meluncurkan kampanye Sempurnakan Hidupmu #PakeBiznet.

Kampanye ini mengajak pelanggan untuk memanfaatkan internet dengan lebih baik. Biasanya pelanggan hanya sebatas penikmat layanan internet, saat ini bagaimana mereka bisa memanfaatkannya untuk berkarya hingga menjadi sebuah profesi.

Dalam hal ini Biznet menggandeng IT programer yang bekerja dari rumah, feysen desainer yang menjadi kreator konten di YouTube, profesional gamers, dan petani sekulen yang mengembangkan bisnis online. Karena itu diharapkan para pekanggan bisa memanfaatkan layanan Biznet untuk aktivitas digital yang lebih positif.

Terkait data traffic penggunaan internet selama Ramadhan, Biznet mencatat adanya peningkatan sekitar 35%. Data traffic cukup tinggi terjadi di jam sahur mulai jam 3-4 pagi, di mana sebelumnya di jam tersebut tidak ada aktivitas digital yang signifikan.

(brl/red)