7 Cara sederhana tingkatkan kualitas earphone, tambah jernih dan tanpa biaya

7 Cara sederhana tingkatkan kualitas earphone, tambah jernih dan tanpa biaya

7 Cara sederhana tingkatkan kualitas earphone, tambah jernih dan tanpa biaya

7 Cara sederhana tingkatkan kualitas earphone, tambah jernih dan tanpa biaya

foto: unsplash.com/Yu Hai

1. Telinga selalu dalam keadaan kering

Salah satu penyebab menurunnya kualitas earphone adalah telinga yang basah ketika memakai earphone. Ketika earphone terlalu sering terkena air maka besar kemungkinannya untuk terjadi korsleting.

2. Tidak diletakkan di saku

Bagi para pemilik earphone berkabel, meskipun praktis, meletakkan earphone di dalam saku dalam masa yang terlalu sering dapat mengurangi kualitas earphone bahkan bisa merusaknya. Terlebih, jika earphone terhimpit dengan benda-benda lain.

3. Rqualizer FX

Sebetulnya aplikasi ini ditujukan untuk mengatur komposisi audio pada perangkat smartphone. Namun agar pengalaman menggunakan earphone lebih maksimal, sangat disarankan untuk mecoba Equalizer FX di perangkat smartphone. Sehingga output audio yang didengar melalui earphone akan jauh lebih baik.

4. Memaksimalkan potensi codec bluetooth

Terutama pemilik earphone nirkabel, hampir semua perangkat earphone nirkabel memiliki Sub Band Coded yang merupakan universal codec. Codec adalah pengkompres dan pengirim audio analog melalui bluetooth menuju earphone. Earphone kemudian mengdekompres audio analog kembali ke sinyal audio.

5. 3D/Audio Spasial

Bagi pengguna earphone atau headset terlebih saat bermain game di PC, cara satu ini juga bisa meningkatkan pengalaman dalam bermain game untuk membuat suara terasa di sekeliling ruang.

Untuk mengaturnya, pada Windows 10, bisa ditemukan di Setting, lalu ke System, lalu menuju Sound, kemudian Related Setting, dan pilih Sound Control Panel. Lalu pilih playback device, pilih Properties. Pada window baru yang dibuka pilih Spatial sound. Di pengaturan Spatial sound format, pilh Windows Sonic For Headphone, lalu klik Apply.

6. Gunakan Discord

Salah satu cara lainnya, terutama saat melakukan aktivitas gaming, yaitu dengan memaksimalkan fungsi Discord dalam berkomunikasi. Discord dilengkapi Discord's Krisp Noise Suppression yang merupakan teknologi untuk mendapatkan audio vokal yang jernih.

7. Bersihkan secara berkala

Karena terlalu sering digunakan, tentu earphone akan mengalami kotor dari debu dan dari telinga. Jika dibiarkan hal ini akan mengurangi kualitas earphone. Oleh karena itu lakukan pembersihan earphone secara berkala. Hindari penggunaan alat tajam dalam membersihkan earphone. Atau jika dilengkapi earbud, lepas lebih ulu earbud lalu cuci dengan air hangat. Keringkan lalu pasang kembali.

(brl/guf)