7 Cara mudah mengatasi Waze yang bermasalah di HP Android & iPhone, koneksi bisa jadi penyebab

7 Cara mudah mengatasi Waze yang bermasalah di HP Android & iPhone, koneksi bisa jadi penyebab

Mengatasi Waze yang bermasalah.

Untuk menjalankan aplikasi navigasi dengan andal semacam Waze, diperlukan beberapa komponen yang bekerja sama. Beberapa penyebab Waze bermasalah yakni server yang tidak beroperasi dengan benar, masalah sementara dengan aplikasi, peringatan dinonaktifkan atau volume terlalu rendah, izin akses lokasi tidak diaktifkan, dan masih banyak lagi.

Berikut beberapa cara untuk mengatasi masalah yang mungkin ditemui.

7 Cara mudah mengatasi Waze yang bermasalah di HP Android & iPhone, koneksi bisa jadi penyebab

foto: waze.com

1. Mulai ulang atau restart aplikasi. Ini berguna untuk mengatasi berbagai masalah dengan aplikasi, termasuk jika peta tidak muncul atau GPS tidak berfungsi.

Cara yang paling efisien untuk melakukannya adalah dengan fitur daya bawaan aplikasi: ketuk menu tiga garis di bagian atas, lalu pilih "Matikan". Buka kembali Waze untuk melihat apakah kini berfungsi dengan baik.

2. Periksa halaman Status Waze untuk masalah server jika suntingan peta tidak muncul atau aplikasi tidak beroperasi sebagaimana diharapkan. Jika ada alasan yang diketahui untuk masalah tersebut, yang dapat kamu lakukan adalah menunggu pemperbaikan dari Waze.

Namun halaman status memberikan pembaruan terbaru dari tim pengembangan Waze tentang status server untuk wilayah Amerika Utara dan Internasional. Belum diketahui untuk wilayah lain.

7 Cara mudah mengatasi Waze yang bermasalah di HP Android & iPhone, koneksi bisa jadi penyebab

foto: waze.com

3. Restart perangkat milikmu. Terlepas dari masalah Waze yang kamu alami, me-restart perangkat seringkali dapat memperbaiki masalah teknis yang tidak dapat dijelaskan.

4. Periksa volume suara. Jika peta berfungsi dengan baik tetapi kamu tidak dapat mendengar petunjuk arah suara, kemungkinan volume suara adalah penyebabnya.

Selain memeriksa volume pada smartphone dan volume di mobil (jika menggunakan Waze melalui speaker mobil), periksa juga pengaturan suara aplikasi.

Pada Android, ketuk menu tiga garis, masuk ke Pengaturan > Suara & suara. Pastikan Suara diatur ke On atau Hanya peringatan. Dari layar yang sama, periksa juga apakah Pengaturan suara ke speaker telepon dimatikan jika kamu ingin mendengar suara Waze melalui speaker mobil.

Pada iOS, caranya serupa. Dari menu, ketuk Pengaturan > Suara & suara. Kemudian, pilih Putar suara melalui dan pilih Putar sebagai panggilan telepon Bluetooth.

5. Periksa izin lokasi. Waze membutuhkan akses ke lokasi penggunanya agar dapat menampilkan peta dan mengikuti kamu dengan benar saat mengikuti rute.

Untuk memeriksa izin lokasi pada Android, buka Pengaturan, cari dan pilih Aplikasi, lalu cari dan pilih Waze. Di halaman izin aplikasi Waze, pastikan bahwa Izin lokasi diatur ke Izin selalu atau Izin saat digunakan.

Pada iOS, buka Pengaturan, cari dan pilih Waze, dan pastikan bahwa Izin Lokasi diatur ke Selalu atau Saat menggunakan aplikasi. Pastikan Waze memiliki izin akses lokasi yang tepat agar dapat berfungsi dengan baik.

7 Cara mudah mengatasi Waze yang bermasalah di HP Android & iPhone, koneksi bisa jadi penyebab

foto: waze.com

6. Perbaiki koneksi data seluler perangkat milikmu. Kemungkinan koneksi internet smartphonemu tidak berfungsi sebagaimana seharusnya. Koneksi jaringan data yang stabil diperlukan untuk semua aspek Waze berjalan dengan baik.

Jika ada masalah dengan koneksi data, kamu mungkin akan melihat pesan kesalahan seperti "Tidak ada rute" atau "Kesalahan server rute".

Ini kemungkinan menjadi masalah jika kamu tidak mendapatkan informasi lalu lintas secara real-time, peta tidak terbuka, pengguna Waze tidak dapat melaporkan bahaya, atau Waze tidak dapat menemukan rute. Meskipun kamu memiliki koneksi yang terputus-putus, aplikasi mungkin tidak memberikan informasi yang dapat diandalkan.

7. Perbarui Waze ke versi terbaru. Pembaruan aplikasi seringkali mengatasi bug dan masalah lainnya. Jika ada pembaruan yang tersedia, ada kemungkinan memasangnya akan memperbaiki masalah tersebut.

(brl/guf)