7 Cara mengosongkan ruang penyimpanan di Google Foto

7 Cara mengosongkan ruang penyimpanan di Google Foto

7 Cara mengosongkan ruang Google Foto

5. Mengosongkan sampah

7 Cara mengosongkan ruang penyimpanan di Google Foto foto: freepik/rawpixel.com

Foto atau video apa pun yang kamu hapus dari Google Foto akan berada di tempat sampah hingga 60 hari. Sementara itu, tempat sampah itu sendiri mampu menampung hingga 1,5GB media yang dihapus.

Jika kamu ingin segera mengosongkan ruang di Google Foto, kosongkan tempat sampah untuk mendapatkan kembali ruang yang layak. Ini adalah langkah penting yang perlu kamu ikuti setelah menghapus tangkapan layar, foto, dan video sampah dari perpustakaan Google Foto.

6. Ubah ukuran foto sebelum mengunggah

7 Cara mengosongkan ruang penyimpanan di Google Foto foto: freepik/pressfoto

Jika kamu mencadangkan foto yang diambil dari DSLR ke Google Foto, sebaiknya mengubah ukuran foto sebelum mengunggahnya. Mengunggah foto beresolusi 30-40MP ke Foto Google akan menghabiskan ruang yang berharga di akun Google kamu.

Dengan mengurangi resolusi foto-foto tersebut, kamu akan mengurangi ukuran filenya secara signifikan dan membuatnya lebih baik untuk dicadangkan ke cloud. Tergantung pada kebutuhan, kamu dapat mengubah ukuran foto DSLR secara massal di Adobe Lightroom menjadi sekitar 20-25MP dan menghemat banyak ruang.

Kamu juga dapat mengompres video dan mengurangi ukuran file sebelum mengunggahnya ke Google Foto atau menggunakan format file yang berbeda untuk mengurangi ukuran file.

7. Menghapus file dari Google Drive dan Gmail

7 Cara mengosongkan ruang penyimpanan di Google Foto foto: freepik/mteerapat

File atau dokumen apa pun yang kamu cadangkan ke Google Drive juga diperhitungkan dalam kuota penyimpanan akun Google kamu. Jadi, jika kamu ingin mengosongkan lebih banyak ruang penyimpanan di Google Foto, kamu harus mempertimbangkan untuk menghapus file sampah dan file lain yang tidak perlu dari Google Drive juga.

Kamu juga dapat mentransfer file dari akun Google Drive utama kamu ke akun sekunder tanpa mengunggah ulang dan menghemat ruang dalam prosesnya.

Hal yang sama juga berlaku untuk file yang kamu gunakan di Gmail yang menghabiskan ruang di akun Google kamu. Tetapi kamu selalu dapat menghapus email lama dengan lampiran besar untuk mengosongkan ruang di akun Google. Pastikan untuk mengunduh data akun Gmail kamu sebelum mengikuti tips untuk mengosongkan ruang di akun Gmail.

(brl/red)