6 Aplikasi galeri foto yang bisa menjadi alternatif pengganti Google Photos

6 Aplikasi galeri foto yang bisa menjadi alternatif pengganti Google Photos

Techno.id - Pada sistem Android, Google Photos menjadi galeri foto yang menawarkan penyimpanan online untuk foto dan video pada ponsel cerdas secara gratis. Banyak pengguna yang menyukai Google Photos karena selain dapat menyadangkan gambar, pencarian dan pengenalan wajah, dengan layanan ini pengguna bisa membuat album, animasi, dan bahkan film dari foto-foto yang disimpan.

Namun kini semakin banyak ponsel Android yang memiliki aplikasi galeri foto sehingga Google Photos bukanlah satu-satunya penampil gambar yang diperlukan di ponsel. Berikut beberapa aplikasi galeri foto yang bisa kamu jadikan alternatif, bahkan diklaim lebih baik dibanding Google Photos.

1. Simple Gallery

6 Aplikasi galeri foto yang bisa menjadi alternatif pengganti Google Photos foto: play.google.com

Simple Gallery, meski namanya terdengar sederhana, namun aplikasi ini memiliki beberapa fitur tambahan yang menarik. Pengguna bisa mengubah warna antarmuka dari oranye ke warna yang lebih sesuai dengan selera.

Ada juga opsi untuk mengatur kecerahan layar maksimum dan memutar gambar secara otomatis saat melihat dalam layar penuh. Pengguna juga bisa menyembunyikan antarmuka sepenuhnya setiap kali memulai aplikasi. Pengguna dapat melindungi konten dengan kata sandi.

2. Pikture

6 Aplikasi galeri foto yang bisa menjadi alternatif pengganti Google Photos foto: play.google.com

Aplikasi ini memiliki desain yang unik dengan foto sampul album yang menunjukkan efek paralaks. Dengan Piktures, kamu bisa memfilter berdasarkan foto, video, GIF, atau bahkan lokasi. Ada juga tampilan kalender yang menarik, di mana aplikasi ini menampilkan tampilan bulan dengan gambar mini dan hitungan berapa banyak foto yang diambil pada hari tertentu.

Piktures juga memiliki pemindai kode QR yang terpasang di dalam aplikasi yang berguna jika aplikasi kamera bawaan kamu belum memilikinya. Ada juga fitur OCR (Optical Character Recognition) yang dapat mengubah teks dalam gambar menjadi format yang dapat diedit. Cukup ketuk gambar mana saja, pilih tombol tiga titik di kanan atas, dan pilih Ekstrak Teks (OCR).

3. Galeri A+

6 Aplikasi galeri foto yang bisa menjadi alternatif pengganti Google Photos foto: play.google.com

A+ Gallery memiliki tampilan yang sederhana tetapi dengan satu fitur yang menonjol. Mirip dengan aplikasi Foto di iOS, aplikasi ini menawarkan tampilan hari, bulan, dan tahun untuk semua foto.

Selain itu, kamu juga dapat memeriksa di mana foto diambil pada peta. Ini adalah cara yang berbeda untuk memikirkan koleksi gambar kamu. Pastikan untuk membersihkan foto-foto tersebut dari data lokasi sebelum membagikannya secara online.

(brl/red)