7 Cara menggunakan media sosial dengan lebih bijak, biar nggak kebablasan

7 Cara menggunakan media sosial dengan lebih bijak, biar nggak kebablasan

Techno.id - Berapa kali kamu memeriksa aplikasi media sosial dalam sehari? Sebaiknya kamu menggunakan media sosial secara lebih bijak. Sebab, penggunaan media sosial yang tidak terkendali dapat membuang waktu dan menurunkan suasana hati lho.

Tidak jarang, penggunaan media sosial secara berlebihan juga dapat menurunkan produktivitas kamu. Karena itu tidak ada salahnya untuk membatasi penggunaan media sosial mulai sekarang. Kamu bisa memilih beberapa cara agar dapat menggunakan media sosial dengan lebih bijaksana.

1. Jadwalkan waktu

7 Cara menggunakan media sosial dengan lebih bijak, biar nggak kebablasan foto: freepik/dark dream

Menyisihkan waktu tertentu untuk menggunakan media sosial dapat membantu kamu mengurangi frekuensi membuka aplikasi secara acak. Jika memiliki jadwal, kamu akan lebih cenderung memprioritaskan apa yang perlu diperiksa dan menghindari scrolling yang tidak perlu.

Kamu bisa menggunakan Google Kalender. Cukup buat acara baru, pilih waktu untuk memeriksa media sosial setiap hari, lalu ketuk tombol panah melingkar. Sekarang, pilih opsi Setiap hari untuk menjadwalkan slot harian untuk memeriksa aplikasi media sosial.

Tips ini sangat membantu jika kamu terlalu sering memeriksa ponsel. Cara ini juga akan membantu kamu menghindari gangguan yang sering terjadi di tempat kerja karena kamu terlalu sering memeriksa media sosial.

2. Sesuaikan notifikasi

7 Cara menggunakan media sosial dengan lebih bijak, biar nggak kebablasan foto: freepik

Banyak aplikasi media sosial yang mengirimkan notifikasi, beberapa di antaranya tidak terlalu relevan. Meskipun beberapa notifikasi dapat berguna, seperti pembaruan grup, kamu mungkin tidak perlu menerima notifikasi untuk setiap suka yang diperoleh pada postingan kamu.

Kamu dapat mengubah jenis notifikasi yang diterima di berbagai aplikasi dalam pengaturan perangkat. Untuk pengguna Android, buka Pengaturan > Aplikasi, lalu cari aplikasi dari daftar. Pilih Notifikasi, lalu gulir ke bawah ke kategori dalam aplikasi. Kamu juga dapat mengelola pemberitahuan yang mengganggu di iPhone.

3. Berhenti mengikuti akun yang tidak perlu

7 Cara menggunakan media sosial dengan lebih bijak, biar nggak kebablasan foto: freepik

Jika ingin membatasi penggunaan media sosial, berhenti mengikuti akun yang tidak perlu. Cara ini juga untuk membatasi konten yang tidak sesuai dengan prioritas kamu. Jika kamu pengguna Instagram, cara ini ini juga akan mengurangi volume konten di feed utama, yang berarti lebih sedikit yang harus diperiksa.

Untuk melihat siapa saja yang kamu ikuti di Instagram, buka profil kamu dan klik jumlah Pengikut. Di bawah judul Kategori, ada tab untuk orang-orang yang paling jarang berinteraksi dengan kamu. Nah kamu bisa berhenti mengikuti akun yang tidak perlu dari sini.

Di Facebook, kamu bisa memutuskan pertemanan dengan orang dan berhenti mengikuti halaman dan grup yang tidak lagi kamu inginkan.

4. Optimalkan umpan kamu menggunakan favorit

7 Cara menggunakan media sosial dengan lebih bijak, biar nggak kebablasan foto: freepik

Instagram dan Facebook keduanya memungkinkan kamu untuk mengatur Favorit dari akun yang kamu ikuti. Ini adalah cara lain untuk mengurangi konten yang mengganggu dan menggunakan media sosial dengan lebih bijaksana. Kamu dapat meningkatkan produktivitas lebih jauh dengan memfavoritkan akun yang terkait dengan pekerjaan, tujuan, atau karier kamu.

Untuk mengelola Favorit di Instagram, buka profil, lalu tekan menu tiga garis di sudut kanan atas. Sekarang, pilih Favorit untuk melihat daftar favorit kamu saat ini dan tambahkan akun baru.

Instagram juga memungkinkan kamu melihat postingan dari favorit kamu saja. Untuk mengatur opsi ini, tekan tombol tarik-turun di sebelah logo Instagram di beranda. Kemudian, pilih Favorit.

(brl/red)