7 Cara menggunakan media sosial dengan lebih bijak, biar nggak kebablasan

7 Cara menggunakan media sosial dengan lebih bijak, biar nggak kebablasan

Cara membatasi penggunaan media sosial

5. Buat pengatur waktu aplikasi

7 Cara menggunakan media sosial dengan lebih bijak, biar nggak kebablasan foto: freepik/sarawut123456

Jika kamu menggunakan media sosial tanpa menetapkan batas waktu, maka kamu cenderung mengembangkan kebiasaan buruk seperti doomscrolling. Dalam kasus terburuk, kecanduan media sosial dapat menjadi masalah. Kamu bisa menghentikan kebiasaan buruk ini dengan mengatur timer untuk membatasi penggunaan aplikasi media sosial.

Jika kamu pengguna Android, kamu dapat mengatur pengatur waktu aplikasi dengan menavigasi ke bagian Kesejahteraan Digital dan Kontrol Orang Tua pada pengaturan perangkat. Dari dasbor, pilih Pengatur waktu aplikasi, lalu pilih aplikasi media sosial untuk mengatur pengatur waktu.

Untuk pengguna iOS, kamu harus mengatur kode sandi waktu layar sebelum menambahkan pengatur waktu aplikasi. Buka Pengaturan > Waktu Layar, masukkan kode sandi kamu, lalu pilih Batas Aplikasi.

Dengan adanya batas waktu aplikasi, kamu akan meningkatkan kesadaran saat menggunakan aplikasi media sosial dan menjadi lebih waspada dalam menggunakannya. Cara ini juga akan meningkatkan keterampilan manajemen waktu kamu.

6. Menonaktifkan lencana ikon aplikasi

7 Cara menggunakan media sosial dengan lebih bijak, biar nggak kebablasan foto: freepik

Kamu dapat melindungi perhatian dan menjadi lebih waspada dengan mematikan lencana notifikasi aplikasi. Untuk mematikan lencana notifikasi di Android, buka Pengaturan > Notifikasi, lalu buka Pengaturan Lanjutan.

Dari sini, tekan tombol sakelar di samping opsi Lencana Ikon Aplikasi. Kamu juga dapat menghapus lencana notifikasi merah dari aplikasi pesan iPhone dan aplikasi media sosial lainnya.

7. Keluar setelah menggunakan media sosial

7 Cara menggunakan media sosial dengan lebih bijak, biar nggak kebablasan foto: freepik

Seperti aplikasi lain, media sosial membuat kamu tetap masuk setelah menggunakannya untuk kemudahan akses yang lebih baik. Namun, opsi tersebut bisa membuat kamu menggunakan media sosial tanpa sengaja.

Salah satu trik untuk membantu kamu menggunakan media sosial dengan lebih bijaksana adalah dengan keluar setiap kali selesai menggunakan sebuah aplikasi. Kamu dapat keluar dari hampir semua aplikasi media sosial dengan menavigasi ke pengaturan aplikasi dan mencari di bagian bawah halaman.

Jika kamu keluar setelah menggunakan aplikasi media sosial, kemungkinan besar kamu akan masuk kembali hanya jika tahu ada sesuatu yang penting untuk diperiksa. Cara ini dapat membantu kamu menghindari penundaan dan membuat lebih sadar akan kebiasaan penggunaan media sosial.

Jadi meskipun media sosial berguna untuk berinteraksi dengan teman, ada banyak alat yang kurang bermanfaat di media sosial yang dapat mengganggu produktivitas kamu. Mulai sekarang, gunakan media sosial secara bijak.

(brl/red)