7 Cara mengamankan akun WhatsApp agar aman dan nyaman digunakan, bebas cemas

7 Cara mengamankan akun WhatsApp agar aman dan nyaman digunakan, bebas cemas

Techno.id - Bagi sebagian besar pengguna, WhatsApp adalah cara utama untuk berkomunikasi dengan teman dan keluarga. Baik untuk berkirim pesan, berbagi media (foto atau video), ataupun melakukan panggilan telepon dan video.

Karena itu sangat penting untuk mengamankan akun WhatsApp kamu agar nyaman dan aman digunakan serta dapat menghalau berbagai masalah serangan kejahatan siber. Berikut caranya.

1. Siapkan verifikasi dua langkah

7 Cara mengamankan akun WhatsApp agar aman dan nyaman digunakan, bebas cemas foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Verifikasi dua faktor (Two Factor Authentication/2FA) adalah cara terbaik yang dapat kamu pilih untuk melindungi akun WhatsApp. Saat kamu mengaktifkannya, WhatsApp akan menambahkan lapisan perlindungan kedua ke akun kamu.

Setelah mengaktifkan 2FA, kamu harus mengetikkan PIN enam digit untuk masuk ke akun WhatsApp. Meskipun ponsel kamu dicuri atau seseorang menggunakan metode phishing untuk mencuri data kartu SIM, mereka tidak akan dapat mengakses akun WhatsApp kamu.

Untuk mengaktifkan Verifikasi Dua Langkah, buka aplikasi WhatsApp di iPhone atau perangkat Android. Buka Pengaturan > Akun > Verifikasi Dua Langkah, lalu ketuk Aktifkan.

Di layar berikutnya, ketik PIN enam digit, ketuk Berikutnya, lalu konfirmasikan PIN kamu di layar berikut. Selanjutnya, ketik alamat email yang ingin kamu gunakan untuk mereset PIN jika kamu lupa atau ketuk Lewati. Di layar berikutnya, konfirmasikan alamat email kamu.

Verifikasi Dua Langkah sekarang diaktifkan. Untuk memastikan kamu tidak melupakan PIN enam digit, WhatsApp secara berkala meminta kamu untuk mengetiknya sebelum mengakses aplikasi. Jika lupa PIN, kamu harus mengatur ulang PIN tersebut sebelum mengakses kembali akun WhatsApp.

2. Aktifkan kunci sidik jari atau ID wajah

7 Cara mengamankan akun WhatsApp agar aman dan nyaman digunakan, bebas cemas foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Kamu mungkin sudah melindungi iPhone atau ponsel Android dengan biometrik. Sebagai tindakan tambahan, kamu juga dapat melindungi WhatsApp dengan kunci sidik jari atau ID wajah.

Untuk melakukannya di ponsel Android, buka WhatsApp dan ketuk tombol Menu. Selanjutnya, buka Pengaturan > Akun > Privasi. Gulir ke bagian bawah daftar, lalu ketuk Kunci Sidik Jari. Aktifkan opsi Buka Kunci dengan Sidik Jari.

Sekarang, sentuh sensor sidik jari di perangkat kamu untuk mengonfirmasi sidik jari. Kamu juga dapat memilih jumlah waktu sebelum autentikasi diperlukan setelah setiap kunjungan.

Di iPhone, kamu dapat menggunakan Touch atau Face ID (tergantung perangkat) untuk melindungi WhatsApp. Untuk melakukannya, buka WhatsApp dan buka Pengaturan > Akun > Privasi > Kunci Layar. Di sini, aktifkan opsi Memerlukan ID Wajah atau Memerlukan ID Sentuh.

Setelah fitur diaktifkan, kamu dapat menambah lama waktu setelah itu WhatsApp akan terkunci setelah setiap kunjungan. Dari opsi default, kamu dapat beralih ke satu atau 15 menit, atau satu jam.

3. Periksa enkripsi

7 Cara mengamankan akun WhatsApp agar aman dan nyaman digunakan, bebas cemas foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

WhatsApp mengenkripsi semua obrolan secara default, tetapi kamu mungkin ingin memastikannya. Jika kamu membagikan informasi sensitif melalui aplikasi, sebaiknya pastikan enkripsi berfungsi.

Untuk melakukannya, buka obrolan, ketuk nama orang tersebut di bagian atas, lalu ketuk Enkripsi. Kamu melihat QR dan kode keamanan panjang.

Kamu dapat membandingkannya dengan kontak tersebut untuk memverifikasinya, atau memintanya untuk memindai kode QR. Jika cocok, kamu semua baik-baik saja.

4. Awas! Penipuan

7 Cara mengamankan akun WhatsApp agar aman dan nyaman digunakan, bebas cemas foto: freepik/meshcube

Karena WhatsApp sangat popular, ada penipuan baru setiap hari. Satu-satunya aturan yang perlu kamu ingat adalah tidak membuka tautan apa pun yang diteruskan kepada kamu dari kontak yang tidak dikenal. Ini biasanya serangan smishing.

WhatsApp sekarang menyertakan tag Diteruskan yang praktis di bagian atas, yang memudahkan untuk mengenali pesan-pesan ini. Betapapun menggodanya tawaran itu, jangan membuka tautan atau memberikan informasi pribadi kamu ke situs web atau orang mana pun yang tidak kamu kenal di WhatsApp.

(brl/red)