7 Cara memperbaiki layar sentuh smartphone yang tidak berfungsi

7 Cara memperbaiki layar sentuh smartphone yang tidak berfungsi

Techno.id - Ketika layar sentuh smartphone kamu tidak berfungsi, bisa jadi rasa frustrasi akan muncul dengan cepat. Masalah terbesarnya adalah layar sentuh sering kali menjadi satu-satunya cara untuk berinteraksi dengan ponsel. Ketika layar sentuh tersebut tiba-tiba bermasalah, kamu merasa seperti terkunci dari perangkat.

Meskipun ada beberapa kasus di mana layar sentuh yang tidak responsif membutuhkan perbaikan profesional, ada beberapa langkah, dari yang mudah hingga rumit, yang dapat kamu lakukan untuk membuat semuanya berfungsi kembali.

Banyak faktor yang menyebabkan layar sentuh tidak berfungsi atau tidak responsif. Bisa disebabkan layar kotor atau basah. Bisa juga karena sensitivitas sentuhan terlalu rendah. Adanya periferal yang mengganggu layar atau driver layar perangkat kamu sudah kedaluwarsa. Berikut beberapa caramemperbaiki layar sentuh yang tidak berfungsi.

1. Mulai ulang perangkat

7 Cara memperbaiki layar sentuh smartphone yang tidak berfungsi foto: freepik/whatwolf

Ini mungkin terdengar sangat mendasar, tetapi ketika layar sentuh berhenti berfungsi, kamu cukup dengan menyalakan ulang perangkat layar sentuh. Biasanya sudah cukup untuk mengatasi masalah tersebut.

2. Bersihkan layar sentuh dan pelindung layar

7 Cara memperbaiki layar sentuh smartphone yang tidak berfungsi foto: freepik

Terkadang, layar sentuh tidak dapat merespons karena kotoran dan debu yang menumpuk atau masalah pada casing atau pelindung layar. Karena hal ini cukup mudah untuk ditangani atau diatasi, sebaiknya bersihkan perangkat secara menyeluruh jika reboot tidak berhasil.

Bersihkan tangan kamu untuk menghindari kotoran yang menempel di layar. Seka layar sentuh dengan kain bebas serabut. Lepaskan pelindung layar. Jika pelindung layar kotor di bagian bawahnya, sedikit basah, atau terlalu hangat, pelindung layar akan berhenti mencatat sentuhan. Kamu mungkin perlu membersihkan layar setelah melepas pelindung jika ada sobekan atau sudah lama tidak dilepas.

3. Keringkan smartphone

7 Cara memperbaiki layar sentuh smartphone yang tidak berfungsi foto: freepik/vecstock

Layar sentuh juga dapat berhenti bekerja, menjadi tidak responsif, atau bekerja tidak menentu jika ponsel basah. Dalam hal ini, mengeringkan ponsel secara menyeluruh terkadang dapat mengatasi masalah tersebut.

4. Ketuk setiap sudut ponsel dengan lembut

7 Cara memperbaiki layar sentuh smartphone yang tidak berfungsi foto: freepik/jcomp

Ketika layar sentuh berhenti bekerja setelah ponsel terjatuh, terkadang hal ini disebabkan koneksi digitizer yang longgar secara internal. Dalam hal ini, mengetuk setiap sudut ponsel dengan lembut dapat membuatnya tersambung kembali. Jika tidak berhasil, kamu harus memperbaiki digitizer dengan membongkar ponsel.

(brl/red)