Cara memperbaiki garis hijau di smartphone Android

Cara memperbaiki garis hijau di smartphone Android

Techno.id - Munculnya garis hijau adalah masalah yang cukup umum terjadi pada smartphone. Masalah ini bisa ditemukan di hampir semua merek. Ketika masalah ini terjadi, kamu biasanya akan melihat layar yang berfungsi normal, tetapi ada garis hijau tipis yang membentang dari atas ke bawah. Terkadang garis hijau berkedip-kedip dan sesekali muncul. Lalu ada juga garis hijau disertai dengan warna lain, bercak, dan hitam.

Penyebab garis hijau pada layar smartphone

Ada banyak kemungkinan penyebab munculnya garis hijau pada layar ponsel. Jika garis hijau disertai dengan banyak warna lain, dan terutama jika kamu melihat kerusakan pada kaca, layar itu sendiri mungkin retak.

Jika hanya ada satu garis hijau tipis yang membentang dari atas ke bawah, biasanya disebabkan beberapa faktor di antaranya konektor layar longgar, konektor layar rusak, kerusakan layar akibat terkena air atau terjatuh, aplikasi yang tidak kompatibel, atau konfigurasi yang salah.

Cara memperbaiki garis hijau pada layar ponsel

Untuk memperbaiki garis hijau di layar ponsel, coba setiap metode yang tercantum di bawah ini. Jika garis hijau tidak hilang, kemungkinan konektor layar ponsel kamu longgar atau rusak, atau mungkin ponsel kamu terjatuh atau terkena air. Dalam hal ini, solusi terbaik adalah menghubungi produsen atau teknisi perbaikan Android yang berkualifikasi.

1. Nyalakan ulang ponsel

Cara memperbaiki garis hijau di smartphone Android foto: freepik/wirestock

Mulailah dengan mematikan ponsel, lalu nyalakan kembali. Jangan hanya mematikan layar, pastikan kamu benar-benar mematikan ponsel dan menyalakannya kembali.

Perbaikan dasar ini mengatasi banyak masalah karena memaksa ponsel untuk menutup semuanya dan memulai dari awal. Jika garis hijau disebabkan kesalahan sementara pada perangkat lunak ponsel, memulai ulang ponsel akan memperbaiki masalah.

2. Hidupkan ulang ponsel dalam mode aman

Cara memperbaiki garis hijau di smartphone Android foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Safe Mode adalah mode terbatas yang mencegah apa pun diluncurkan di ponsel selain yang penting. Ini adalah cara yang baik untuk mengetahui apakah perangkat kamu memiliki masalah perangkat lunak.

Jika garis hijau hilang dalam Safe Mode, maka kamu tahu bahwa kamu memiliki masalah dengan aplikasi, pengaturan, atau sistem operasi.

3. Hapus aplikasi terbaru

Cara memperbaiki garis hijau di smartphone Android foto: freepik/wichayada

Jika kamu baru saja menginstal aplikasi apa pun, coba hapus instalannya. Jika garis hijau disebabkan aplikasi yang tidak kompatibel atau tidak berfungsi, menghapus aplikasi tersebut dapat memperbaiki masalah. Jika kamu membuat perubahan pengaturan baru-baru ini, coba batalkan perubahan tersebut.

4. Perbarui ponsel

Cara memperbaiki garis hijau di smartphone Android foto: freepik/vaksmanv

Periksa apakah ponsel kamu memiliki pembaruan sistem operasi yang tersedia. Jika ada masalah dengan versi Android saat ini, pembaruan dapat memperbaiki masalah.

5. Setel ulang ponsel ke pengaturan pabrik

Cara memperbaiki garis hijau di smartphone Android foto: freepik/rawpixel

Ini adalah perbaikan terakhir yang harus kamu coba sebelum mengirim ponsel ke layanan service untuk diperbaiki. Ini adalah opsi yang drastis, karena menghapus semua data di ponsel, termasuk foto, video, dan yang lainnya. Setelah itu kamu bisa menginstal versi Android yang baru.

Jika garis hijau disebabkan masalah perangkat lunak, pengaturan ulang pabrik akan memperbaiki masalah. Jika garis hijau tetap ada, itu berarti perangkat kamu mengalami kegagalan perangkat keras.

Hubungi produsen untuk bantuan lebih lanjut. Jika ponsel kamu masih dalam garansi, produsen mungkin akan memperbaiki atau mengganti ponsel secara gratis. Jika tidak, mereka akan memberikan informasi tentang cara memperbaiki ponsel kamu.

(brl/red)