6 Penyebab ponsel lemot saat mengisi daya, gunakan aksesori yang ori

6 Penyebab ponsel lemot saat mengisi daya, gunakan aksesori yang ori

Penyebab baterai lemot mengisi daya

4. Aplikasi latar belakang

6 Penyebab ponsel lemot saat mengisi daya, gunakan aksesori yang ori foto: unsplash/screen post

Ponsel yang membutuhkan waktu lama untuk mengisi daya juga dapat mengalami kesulitan dalam menjaga daya saat digunakan. Aplikasi latar belakang umumnya, bisa menjadi salah satu penyebabnya.

Baik Android maupun iOS memiliki alat untuk mengetahui aplikasi apa saja yang berjalan di latar belakang. Untuk perangkat berbasis Android, lihat menu penggunaan baterai yang terletak di Pengaturan > Baterai (atau mungkin di bawah bagian seperti Perawatan perangkat). Pada iPhone, pilih Baterai di aplikasi Pengaturan untuk melihat aplikasi mana yang paling banyak menggunakan baterai.

Beberapa aplikasi mungkin menunjukkan penggunaan baterai yang tinggi karena kamu sering menggunakannya. Cari aplikasi yang memiliki penggunaan waktu minimal namun penggunaan baterainya tinggi. Ketika menemukan aplikasi tersebut, hapus. Lihat apakah daya tahan baterai dan kecepatan pengisian daya meningkat.

5. Usia baterai

6 Penyebab ponsel lemot saat mengisi daya, gunakan aksesori yang ori foto: freepik/denisw

Jika ponsel kamu sudah berusia lebih dari dua atau tiga tahun, apalagi jika digunakan secara terus-menerus, mungkin sudah waktunya untuk mengganti baterainya.

Baterai lithium-ion tidak bertahan selamanya dan hanya dapat diisi ulang beberapa kali. Oleh karena itu, bisa jadi baterai tersebut menjadi penyebab pengisian ulang yang lambat.

Saat ini hampir semua ponsel menempatkan baterai secara built-in. Artinya baterai tersebut tidak dapat dilepas secara mandiri. Mak untuk mengganti baterai sebaiknya dilakukan mekanik yang ahli di service center.

6. Menggunakanponselsaat mengisi daya

6 Penyebab ponsel lemot saat mengisi daya, gunakan aksesori yang ori foto: freepik/rawpixel

Jika kamu tetap menggunakan ponsel saat diisi daya, maka itu juga bisa menjadi penyebab, pengisian daya menjadi lambat. Aplikasi seperti Facebook atau media sosial lainnya terkenal dapat menguras daya tahan baterai ponsel dengan cepat.

Karena itu sebaiknya biarkan ponsel mengisi daya terlebih dahulu, tanpa harus dimainkan. Sebab, beberapa ponsel akan kesulitan menyediakan daya untuk digunakan dan mengisi daya pada saat yang bersamaan. Letakkan ponsel kamu dan biarkan ponsel mengisi daya dengan tenang.

(brl/red)