6 Fakta umum yang dipercaya dapat membantu memperpanjang masa pakai baterai smartphone

6 Fakta umum yang dipercaya dapat membantu memperpanjang masa pakai baterai smartphone

Techno.id - Salah satu keluhan yang paling sering diungkapkan pengguna smartphone selama ini adalah masalah daya tahan baterai, entah itu soal pengisian daya cepat yang rewel atau ponsel yang tidak bisa bertahan lama.

Hampir semua pengguna pernah mengalami masalah baterai, sehingga tidak mengherankan jika mereka terus mencari smartphone dengan daya tahan baterai terbaik. Jika gagal, mereka melakukan berbagai macam tips dan trik untuk membuat baterai mereka lebih sehat dan tahan lama. Berikut beberapa tips dan trik yang srring dilakukan untuk memperpanjang masa pakai baterai smartphone.

1. Tidak meninggalkan smartphone semalaman saat mengisi daya

6 Fakta umum yang dipercaya dapat membantu memperpanjang masa pakai baterai smartphone foto: jofreepik

Meninggalkan smartphone semalaman saat di-charge dapat menyebabkan pengisian daya yang berlebihan. Ada yang beranggapan membiarkan smartphone dicolokkan semalaman tidak berbahaya, tetapi dapat membuat usia baterai menjadi lebih cepat drop.

Jika kamu meninggalkan ponsel pada pengisi daya untuk sementara waktu setelah mencapai 100%, pengisi daya akan terus memompa arus dan itu akan mengurangi kapasitas baterai, atau bahkan menyebabkan baterai terbakar.

Baterai lithium-ion bisa menjadi terlalu panas jika kamu membiarkannya mengisi daya terlalu lama. Kebiasaan ini menyebabkan kerusakan pada baterai dan mengurangi performa. Bahkan, ada yang sampai meledak.

Namun perangkat modern dan pengisi daya dinding saat ini jauh lebih pintar dalam mengelola daya dan secara bertahap akan mengurangi jumlah arus saat ponsel terisi. Namun, panas yang ekstrem dan tingkat daya pengisian daya yang tinggi bisa menyebabkan baterai lithium-ion menua lebih cepat.

Apalagi jika smartphone kamu menggunakan casing yang kurang baik, sehingga pembuangan panas terhambat. Ditambah lagi dengan kebiasaan mengisi daya smartphone di bawah bantal di malam hari. Berbagai kebiasaan buruk tersebut dapat menumpuk panas yang berakibat buruk bagi baterai.

2. Jangan mengosongkan baterai sepenuhnya sebelum mengisi daya

6 Fakta umum yang dipercaya dapat membantu memperpanjang masa pakai baterai smartphone foto: freepik/georgejmclittle

Banyak yang berpikir perlu mengosongkan baterai sebelum mengisi daya. Tentu saja cara tersebut bisa dilakukan pada baterai jenis nikel-kadmium atau nikel-logam hidrida. Namun smartphone saat ini umumnya menggunakan baterai lithium-ion dan lithium-polimer.

Prinsipnya, baterai lithium dapat mempertahankan daya yang berfungsi di seluruh baterai. Faktanya, mengosongkan baterai hingga 0% akan menurunkan voltase dan memberikan tekanan tambahan pada baterai saat mengisi ulang.

Memang benar bahwa baterai lithium-ion berkurang kapasitasnya pada setiap siklus pengisian daya, tetapi efek ini cukup kecil. Sebagian besar baterai smartphone saat ini mampu mempertahankan 80% atau lebih dari kapasitas pengisian daya aslinya bahkan setelah beberapa tahun penggunaan yang berat.

3. Selalu gunakan pengisi daya yang kompatibel dengan smartphone kamu

6 Fakta umum yang dipercaya dapat membantu memperpanjang masa pakai baterai smartphone foto: freepik/photoroyalty

Saat ini banyak ponsel pintar yang menggunakan standar pengisian daya eksklusif. Karena itu tidak dapat mengisi daya cepat dengan alat pengisi daya pihak ketiga. Karena itu selalu usahakan untuk mengisi daya dengan alat pengisi daya yang kompatibel dengan smartphone kamu. Kamu harus memperhatikan standar pengisian daya dan daya yang diperlukan.

(brl/red)