9 Penyebab mengapa baterai ponsel Android kamu terisi lambat, begini cara memperbaikinya

9 Penyebab mengapa baterai ponsel Android kamu terisi lambat, begini cara memperbaikinya

Techno.id - Mungkin kamu pernah mengalami masalah ponsel kamu sangat lambat saat mengisi daya. Untuk mencapai kondisi penuh 100% butuh waktu yang lebih lama dari biasanya.

Ketika mengalami masalah seperti itu, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mencari tahu penyebabnya. Setelah itu kamu bisa menemukan solusi atas masalah tersebut. Berikut Techno.id sajikan penyebab ponsel kamu lambat mengisi daya dan cara mengatasinya.

1. Periksa kabel pengisi daya

9 Penyebab mengapa baterai ponsel Android kamu terisi lambat, begini cara memperbaikinya foto: freepik/poravute

Kabel yang rusak sering kali menjadi alasan mengapa baterai ponsel cerdas kamu terisi dengan lambat. Apalagi jika kabel yang kamu gunakan masa pakainya sudah lama. Artinya, mungkin saja kabel tersebut sudah mengalami penurunan kualitas sehingga tidak bisa lagi secara optimalk mengirimkan arus listrik.

Selama penggunaan, bisa saja kabel tersebut mengalami tekanan seperti terinjak, kusut, dan lain sebagainya. Periksa kabel pengisian daya dengan hati-hati dan lihat apakah ada tanda-tanda keausan yang signifikan. Robekan, tekukan, goresan, atau kerusakan.

2. Periksa adaptor

9 Penyebab mengapa baterai ponsel Android kamu terisi lambat, begini cara memperbaikinya foto: freepik/photosaint

Cara yang yang sama juga berlaku untuk adaptor. Aksesori yang sepaket dengan kabel ini juga bisa mengalami masalah seiring masa pakainya. Pastikan tidak ada kerusakan yang berarti seperti colokan yang bengkok atau bagian yang retak bisa jadi merupakan tanda pasti bahwa ada sesuatu yang salah dengan adaptor tersebut.

3. Periksa juga port pengisian daya

9 Penyebab mengapa baterai ponsel Android kamu terisi lambat, begini cara memperbaikinya foto: freepik/ali_productions

Jika aksesori pengisi daya bagus, bisa jadi yang bermasalah justru ponsel kamu. Salah satu penyebab paling umum baterai yang lambat mengisi daya adalah sesuatu yang sederhana seperti port pengisian daya ponsel yang kotor.

Periksa kondisinya apakah terdapat kotoran. Cobalah untuk membersihkannya dengan hati-hati menggunakan tusuk gigi atau sikat kecil.

Periksa juga apakah port atau pengisi daya terasa lebih longgar dari sebelumnya. Kadang-kadang port ini menjadi aus, dan kontaknya mungkin tidak sekokoh dulu, sehingga pengisian daya baterai menjadi lebih lambat. Jangan lupa untuk mencari tanda-tanda korosi.

4. Periksa sumber daya listrik

9 Penyebab mengapa baterai ponsel Android kamu terisi lambat, begini cara memperbaikinya foto: freepik/noppadon_chaingam

Sumber daya listrim terbaik untuk mengisi daya adalah stop kontak listrik dinding (PLN). Kadang-kadang banyak orang suka mengisi daya ponsel mereka menggunakan port USB pada laptop atau port mobil.

Itu merupakan sumber daya listrik yang lemah, dan tidak memiliki daya yang dibutuhkan untuk mengisi daya perangkat kamu secara tepat waktu. Cobalah beralih ke stop kontak dinding dan gunakan pengisi daya yang cukup cepat untuk standar ponsel kamu.

Pastikan stop kontak dinding tersebut dalam kondisi baik. Sebab, terkadang stop kontak rumah rusak. Coba colokkan sesuatu yang lain (selain ponsel) ke stop kontak untuk mengetahui apakah stop kontak tersebut benar-benar memiliki daya. Jika tidak, coba colokkan perangkat kamu ke stopkontak lain di rumah dan lihat apakah berhasil.

5. Gunakan aksesori pengisian daya yang tepat

9 Penyebab mengapa baterai ponsel Android kamu terisi lambat, begini cara memperbaikinya foto: freepik/gutaper

Ada berbagai jenis pengisian daya cepat di pasaran. Kamu harus memastikan aksesori pengisi daya tersebut kompatibel dengan ponsel kamu. Periksa juga apakah ponsel kamu mendukung untuk pengisian daya cepat. Sering kali, masalah muncul karena perangkat tidak kompatibel dengan pengisi daya.

(brl/red)