6 Cara mudah menghemat ruang penyimpanan di HP Android

6 Cara mudah menghemat ruang penyimpanan di HP Android

6 Cara mudah menghemat ruang penyimpanan di HP Android

1. Hapus aplikasi yang jarang atau tidak pernah digunakan.

Kamu bisa mulai dengan menghapus aplikasi yang jarang atau bahkan tidak pernah digunakan. Aplikasi yang menumpuk di HP android kamu akan memakan banyak ruang penyimpanan, jadi kamu perlu memastikan bahwa hanya aplikasi yang benar-benar penting saja yang tetap terpasang di HP androidmu.

2. Bersihkan file sampah yang tersembunyi

Kamu sering mendownload file seperti foto, video, atau dokumen yang hanya diperlukan sekali saja? Biasanya dilakukan kalau sekedar ingin membuat tugas atau melihat pengumuman. Cobalah secara rutin membersihkan file sampah atau yang tidak dibutuhkan lagi agar penyimpanan di HP androidmu tidak terlalu penuh.

3. Gunakan layanan cloud storage

Jika dirasa file yang ada di HP Androidmu adalah file penting namun cukup menyita ruang penyimpanan. Maka cobalah untuk mentransfer file tersebut ke layanan penyimpanan cloud seperti Google Drive, Dropbox, atau OneDrive agar tidak membebani penyimpanan di HP Androidmu.

4. Hapus cache secara rutin

Jangan lupa untuk menghapus cache aplikasi secara rutin karena cache aplikasi dapat memakan ruang penyimpanan yang cukup besar pada HP androidmu. Kamu bisa menghapusnya dengan membuka pengaturan, lalu pilih aplikasi, dan hapus cache di aplikasi yang ada di HP-mu satu persatu.

5. Download aplikasi penghemat penyimpanan

Kamu bisa menggunakan aplikasi penghemat penyimpanan seperti Files Go, Clean Master, atau CCleaner. Aplikasi tersebut dapat membantu kamu menghemat penyimpanan di HP androidmu dengan mudah.

6. Menghapus file unduhan yang tidak dibutuhkan

File unduhan yang tidak dibutuhkan dapat memakan ruang penyimpanan yang cukup besar, contohnya seperti musik, video, dokumen, dan lainnya. Oleh karena itu, sebaiknya rutinlah menghapus file unduhan jika sudah tidak dibutuhkan lagi.

magang: Millenia Ramadita

(brl/guf)