6 Cara memperbaiki munculnya lampu merah yang berkedip di router agar internet kembali lancar

6 Cara memperbaiki munculnya lampu merah yang berkedip di router agar internet kembali lancar

Techno.id - Jaringan internet di rumah atau kantor biasanya menggunakan router. Nah jika tiba-tiba internet kamu mati, langkah pertama yang umumnya dilakukan adalah dengan memeriksa router.

Jika router menunjukkan munculnya lampu merah berkedip, hal itu bisa menandakan jaringan internet kamu bermasalah. Berbagai faktor dapat menyebabkan lampu merah router berkedip. Hal ini dapat disebabkan kesalahan konfigurasi, koneksi kabel yang longgar, firmware yang kedaluwarsa, pemadaman layanan, atau masalah lainnya yang dapat menyebabkan koneksi internet terputus. Berikut beberapa cara untuk memperbaiki lampu berkedip merah di router.

1. Periksa sambungan kabel

6 Cara memperbaiki munculnya lampu merah yang berkedip di router agar internet kembali lancar foto: techno.id/yani andriyansyah

Cara pertama yang harus kamu coba adalah memeriksa koneksi kabel. Karena koneksi kabel yang longgar bisa mengganggu koneksi internet. Pastikan kabel Ethernet terpasang dengan benar di port WAN/LAN.

Lepaskan kabel terlebih dahulu, lalu sambungkan kembali. Saat kamu memasukkan kabel Ethernet ke port, kabel tersebut akan berbunyi klik pada tempatnya, yang merupakan tanda bahwa kabel tersebut telah tersambung dengan benar. Jika kabel tidak terpasang pada tempatnya, mungkin itu masalahnya.

Kedua, jika kamu mengatur internet untuk pertama kalinya, kamu juga harus memastikan bahwa kamu terhubung ke port yang tepat. Setiap router memiliki dua port, satu untuk menghubungkan perangkat ke jaringan eksternal (seperti internet) dan yang lainnya untuk menghubungkan perangkat secara fisik.

Jenis port pertama biasanya diberi label WAN/LAN dan merupakan port yang harus kamu sambungkan dengan kabel internet. Yang kedua biasanya berlabel LAN atau Ethernet untuk menghubungkan perangkat bertenaga internet seperti komputer dan TV.

2. Periksa siklus daya router

6 Cara memperbaiki munculnya lampu merah yang berkedip di router agar internet kembali lancar foto: techno.id/yani andriyansyah

Siklus daya mengacu pada proses mematikan perangkat elektronik, menunggu beberapa detik, lalu menyalakannya kembali. Ini adalah cara umum untuk memperbaiki masalah dengan perangkat elektronik karena membantu menghapus cache, status sementara, dan konfigurasi yang bermasalah. Siklus daya menjelaskan mengapa memulai ulang ponsel cerdas memperbaiki sebagian besar masalah.

Untuk menghidupkan router, matikan menggunakan tombol daya. Jika router kamu tidak memiliki tombol daya, kamu dapat mencabut kabel daya atau mematikannya di stopkontak. Setelah itu, tunggu minimal 30 detik dan hidupkan. Setelah router aktif, router akan mencoba membuat koneksi internet.

3. Perbarui firmware router

Firmware yang kedaluwarsa juga dapat menjadi alasan router mengalami masalah koneksi internet. Disarankan untuk memperbarui firmware router kapan pun tersedia. Pembaruan firmware dapat mencakup pengoptimalan perangkat lunak untuk membuat perangkat berjalan lebih lancar atau memperbaiki kerentanan atau masalah jaringan.

Memperbarui firmware router lebih mudah daripada kedengarannya. Pertama, sambungkan ke router melalui Wi-Fi atau kabel ethernet. Kemudian, kamu perlu masuk ke panel admin router menggunakan alamat IP lokal khusus. Setelah masuk, periksa pembaruan perangkat lunak.

Sayangnya, proses pembaruan firmware router bervariasi tergantung pada pabrikan dan modelnya. Kamu dapat memeriksa situs web produsen instruksi khusus untuk model router.

(brl/red)