Microsoft perkenalkan Phi-3 Mini, model AI lebih kecil penantang GPT-3.5 yang cocok untuk smartphone

Microsoft perkenalkan Phi-3 Mini, model AI lebih kecil penantang GPT-3.5 yang cocok untuk smartphone

Techno.id - Saat ini hampir semua perusahaan teknologi berlomba-lomba membangun model kecerdasan buatan (AI) yang lebih besar dan lebih baik. Lantas bagaimana dengan model yang lebih kecil? Di sinilah Microsoft mengambil peran dan melihat peluang tersebut.

Hal ini dibuktikan dengan memperkenalkan Phi-3 Mini oleh Microsoft baru-baru ini. Phi-3 Mini, merupakan yang pertama dari tiga model kecil yang akan diluncurkan Microsoft dalam beberapa bulan mendatang.

Microsoft melatih Phi-3 Mini pada 3,8 miliar parameter, atau variabel yang digunakan model AI untuk memberikan hasil yang lebih baik. Phi-3 Mini adalah yang terkecil dari tiga model yang rencananya akan diluncurkan Microsoft. Perusahaan tidak mengatakan secara pasti kapan Phi-3 Small, yang akan dilatih pada 7 miliar parameter, atau Phi-3 Medium, yang akan dilatih pada 14 miliar parameter.

Untuk menempatkan angka parameter ini ke dalam perspektif, beberapa laporan menyarankan bahwa Openai GPT-4 Turbo dilatih pada lebih dari 1 triliun parameter. Minggu lalu, Meta mengatakan bahwa ketika model Llama 3 terakhirnya diluncurkan pada tahun 2024, model tersebut akan dilatih pada 700 miliar parameter.

Microsoft perkenalkan Phi-3 Mini, model AI lebih kecil penantang GPT-3.5 yang cocok untuk smartphone foto: techno.id/yani andriyansyah/ai generative microsoft copilot

Semakin banyak parameter yang dilatih model, semakin mampu memberikan jenis hasil yang diinginkan pengguna, tetapi ini memerlukan biaya. Semakin banyak parameter yang dimiliki model AI, semakin banyak daya dan energi yang dibutuhkan untuk memberikan hasil. Meskipun lebih banyak parameter mungkin yang terbaik untuk kueri yang rumit atau implementasi AI yang sangat penting, seperti yang ada di perawatan kesehatan, hal itu tidak selalu terjadi.

Memang, model yang lebih kecil seperti yang dikembangkan Microsoft sangat bagus untuk ponsel cerdas dan perangkat bertenaga rendah lainnya. Microsoft dapat menggunakan Phi-3 di perangkat selular, di mana kinerja AI pada perangkat dibatasi daya chipset dan masa pakai baterai.

Microsoft mengklaim, meskipun ukurannya lebih kecil, Phi-3 Mini berkinerja baik. Dalam sebuah wawancara dengan The Verge, Microsoft mengatakan bahwa Phi-3 Mini menawarkan kinerja yang sama dengan model yang dilatih pada lebih dari 10 kali jumlah parameter yang digunakan Microsoft. Meskipun Phi-3 Mini tidak dapat menandingi GPT-4 atau GPT-4 Turbo, tetapi kemampuannya sama dengan GPT-3.5.

Microsoft melatih Phi-3 Mini pada kurikulum yang mencakup buku anak-anak untuk mencapai kinerja tersebut. Microsoft juga menggunakan model yang lebih besar untuk membuat buku anak-anak yang dihasilkan AI untuk melengkapi materi dunia aslinya. Microsoft membuat Phi-3 Mini dan tersedia secara gratis di platform cloud Azure-nya, situs kolaborasi model Hugging Face, dan layanan model AI Ollama.

(brl/red)